Bahan ajar dan Evaluasi kelas 5 SD Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan, Subtema 2 : Pentingnya Udara Bersih bagi Kesehatan

 


Kegiatan Awal

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat Pagi anak-anak? Bagaimana kabar kalian hari ini sehat semua ya.

Sebelum belajar, mari kita berdoa terlebih dahulu ya.

Ayo disini siapa yang berani memimpin doa? nah karena tidak ada yang bersedia, boleh nih ketua murid yang memimpin teman-temannya untuk berdoa.

Berdoa dimulai (hening sejenak) Selesai.

Bagaimana, sudah siap belajar hari ini?

Sebelum kita belajar, bapa/ibu/kakak ingin melihat semangat dari anak-anak, kalau bapa/ibu/kakak katakan semangat pendidikan maka teman-teman jawab siap juara.

Ternyata semangat semua ya teman-teman. Baiklah sebelum berlanjut, bapa/ibu/kakak ingin mengingatkan bahwa buku tugas dan dan buku catatan serta alat tulis kalian sudah siap ya. Jangan lupa siapkan juga buku tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan. Sebelum belajar, mari kita main game bersama terlebih dahulu.

Hari ini kita akan belajar Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan. Subtema 2 : Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan. Nanti kita akan menonton sebuah tayangan video, diharapkan dengan menonton video tersebut anak-anak dapat terpacu untuk mencari tahu tentang kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi dan konsumsi serta peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya. Kemudian nanti kita akan bermain sebuah sosiodrama dan ada kuis setelah kita bermain, dengan bermain sosiodrama dan menangkap informasi dari drama tersebut diharapkan siswa dapat mengetahui tentang kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi dan konsumsi serta peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

 

Kegiatan Inti

Nah langsung saja ya anak-anak, sekarang kita akan menonton tayangan video mengenai kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi, dan konsumsi. serta peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

Disimak baik-baik ya anak-anak, karena setelah ini, kakak akan melakukan tanya jawab.

     -Menyimak vidio-



https://www.youtube.com/watch?v=o6EAsktrIFA&t=115s

Sudah disimak videonya? Gimana? Sudah paham?

Baguss, kalau sudah paham, ibu mau nanya nih sama kalian.

  1. Kegiatanyang menghasilkan barang / jasa disebut dengan kegiatan ?
  2. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan ?
  3. Apa saja peranan ekonomi dalam kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya ?

Bagus sekali, anak-anak semua ternyata sudah paham mengenai video yang telah disimak tadi.

Nah…sekarang, kakak punya permainan seru nih untuk kalian.

Mau tau engga apa permainannya?

Permainannya itu berupa kegiatan sosiodrama. Jadi, nanti kalian semua akan bermain peran. Entah itu sebagai produsen, distributor, dan konsumen.

Sosiodrama yang akan dimainkan terdiri dalam 2 babak.

Babak pertama, akan dimainkan oleh produsen dan distributor.

Dan babak kedua, akan dimainkan oleh distributor dan konsumen.

Sebelum bermain sosiodrama, kakak akan membagikan teks / naskah drama yang akan kita gunakan.

    -Membagikan teks / naskah drama-

Dalam teks / naskah drama terdapat 4 pemeran, yaitu

Beni, sebagai produsen.

Ade, sebagai distributor

Ani, sebagai pemilik warung sembako.

Nina, sebagai konsumen.

Silakan dibaca dan dicermati dulu ya anak-anak.

Sudah paham? Baguss.

Nah disini, kakak mempunyai tempat minum sebagai alat peraganya.

Sudah siap ?

Hayu maju ke depan yang akan bermain di babak pertama.

Dan yang akan bermain di babak kedua, perhatikan baik-baik ya teman-teman yang sedang bermain di babak pertama.

 -siswa mempraktikan sosiodrama-

 -siswa yang berbeda babak memperhatikan dan menganalisis-

Alhamdulillah, kegiatan sosiodrama berjalan dengan lancar.

Anak-anak kelas 5 rupanya jago ya bermain drama.


Dari sosiodrama yang telah ditampilkan tadi, kakak mau nanya nih sama kalian.

  1. Apasih peran Edo dalam drama tersebut ?
  2. Apa barang yang dikonsumsi oleh Nina ?

Baguuuss. Pintar-pintar semua ya anak kelas 5.

Jadi, kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. 

  1. kegiatan produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang / jasa. Orang yang berperan dalam kegiatan produksi, disebut dengan Produsen.
  2. Kegiatan distribusi, merupakan kegiatan menyalurkan barang / jasa agar dapat sampai kepada konsumen. Orang yang berperan dalam kegiatan ini, disebut dengan Distributor.
  3. Kegiatan konsumsi, merupakan kegiatan mengonsumsi / menggunakan barang dan jasa. Orang yang berperan dalam kegiatan ini, disebut dengan Konsumen.

Pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat ialah :

Pengaruh positif :

  • Terciptanya lapangan pekerjaan, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.
  • Membantu tercukupinya kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.

Pengaruh negatif :

  • Dapat menimbulkan kerugian dan kekecewaan pada masyarakat.
  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik, sehingga mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan.

Alhamdulillah, untuk memperdalam materi ini, kakak akan membagikan Lembar Kerja Peserta Didik ya anak-anak

     -Membagikan LKPD-

Sudah dapat semua LKPD nya?

Sekarang coba dilihat dulu ya, disitu terdapat teka-teki silang yang nanti akan kalian isi.

Kemudian coba lihat nomor 2, disitu soalnya “Tulis analisis pada kegiatan sosiodrama yang telah dilakukan!” nanti kalian jawab contohnya seperti ini ya!

Contoh : Ibu Ani bekerja sebagai petani. Petani memproduksi beras. Kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.

Dapat dipahami ?

Baguuss.

Sekarang boleh mulai dikerjakan ya anak-anak.

  -Siswa mengerjakan LKPD-

Pertanyaan:

  1.  Pihak yang mengonsumsi atau menggunakan nilai produk barang dan jasa disebut apa?
  2. Pihak yang melakukan kegiatan produksi disebut?
  3. Pihak yang melakukan distribusi disebut?
  4. Kegiatan yang menghasilkan produk berupa barang dan jasa disebut?
  5. Kegiatan menggunakan produk berupa barang dan jasa disebut?
  6.  Lawan kata beli adalah?
  7. Kegiatan menyalurkan produk berupa barang dan jasa dari produsen kepada konsumen disebut?
  8.  Lawan kata jual adalah?

1. Tulislah analisis pada kegiatan sosiodrama yang telah dilakukan!

2. Sebutkan dampak positif dan negatif kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan apa yang kamu ketahui!

 

Penutup

Bagaimana Anak-anak sudah mengerti mengenai kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi, dan konsumsi. serta peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya? Baiklah kita simpulkan sama-sama Jadi Kegiatan ekonomi mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. 1.Kegiatan produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang / jasa. Orang yang berperan dalam kegiatan produksi, disebut dengan Produsen. 2. Kegiatan distribusi, merupakan kegiatan menyalurkan barang / jasa agar dapat sampai kepada konsumen. Orang yang berperan dalam kegiatan ini, disebut dengan Distributor. 3. Kegiatan konsumsi, merupakan kegiatan mengonsumsi / menggunakan barang dan jasa. Orang yang berperan dalam kegiatan ini, disebut dengan Konsumen. Nah setelah mengetahui kegiatan-kegiatan eekonomi kita Jadi tahu bahwa dengan melakukan kegiatan ekonomi ini negara kita masih ada lapangan pekerjaan, tercukupi kebutuhan masyarakat, kesejahteraan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi. Namun kegiatan ini juga dapat berakibat negatif jika kita Salah dalam melaksanakannya. Setelah mengetahui kegiatan-kegiatan ekonomi Tentu saja bukan hanya satu atau dua orang yang terlibat, melainkan hampir seluruh manusia dibumi ini Jadi Coba kalian Cari cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha ekonomi. Mungkin cukup sekian untuk pembelajaran hari ini Tetap semangat, rajin belajar, jaga kesehatan dan kebersihan. Karena kalian anak-anak hebat. Terima kasih murid -murid semuanya, sampai dipembelajaran berikutnya ya. 

Sebelum pulang bisa berdoa terlebih dahulu, untuk ketua kelas bisa pimpin doa bersama-sama (…….Do’a. ……..) Kalian bisa langsung pulang, Hati-hati dijalan dan sekali lagi jaga terus kesehatan dan kebersihan terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar