Tema 2 : Kegemaranku. Subtema 3 : Gemar Menggambar
Kegiatan Awal
Assalamuallaikum Wr. Wb
Selamat Pagi anak-anak? Semoga kabar kalian hari ini sehat semua ya. Sebelum belajar, mari kita berdoa terlebih dahulu ya
Berdoa dimulai (hening sejenak) Selesai. Bagaimana, sudah siap belajar hari ini?
Pastikan buku tugas dan buku catatan kalian sudah siap ya, jangan lupa siapkan juga buku tema 2 Peristiwa Alam dan alat tulisnya.
Sebelum belajar, mari kita bernyanyi bersama terlebih dahulu
Hari ini kita akan belajar Tema 2 : Kegemaranku Subtema 3 : Gemar Menggambar. Nanti kita akan belajar mengenai bangun ruang, macam-macam bangun ruang dan contoh bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
Bangun Ruang
Bangun ruang atau disebut juga dengan bangun tiga dimensi adalah sebuah bangun yang memiliki ruang dan dibatasi oleh sisi-sisi seperti balok, bola, dan banyak lagi.
Jenis- Jenis Bangung Ruang
1. Bola
Sifat-sifat bangun ruang bola:a. mempunyai satu sisi
b. tidak mempunyai titik sudut
c. tidak mempunyai bidang datar
d. hanya mempunyai satu sisi lengkung tertutup
2. Tabung
Sifat-sifat bagun ruang tabung:a. mempunyai satu sisi
b. tidak mempunyai titik sudut
c. tidak mempunyai bidang datar
d. hanya mempunyai satu sisi lengkung tertutup
3. Balok
Sifat-sifat bangun ruang balok:a. punya 6 sisi, 3 pasang, sisi yang berhadapan sama luasnya
b. punya 12 rusuk, rusuk yang sejajar sama panjang
c. ada tiga nilai diagonal bidang yati P dan L, L dan T, dan P dan T.
4. Kubus
Sifat-sifat bangun ruang kubus:a. punya 6 sisi, 3 pasang, sisi yang berhadapan sama luasnya
b. punya 12 rusuk, rusuk yang sejajar sama panjang
c. ada tiga nilai diagonal bidang yati P dan L, L dan T, dan P dan T.
Contoh-Contoh Bangun Ruang dalam Kehidupan Sehari-Hari
Mengidentifikasi benda bangun ruang berbentuk bola
(bola basket), tabung (tempat sampah, vas bunga, pensil), balok (kotak pensil, lemari, penghapus), dan kubus (dadu).
2. Mengelompokan benda konkret berdasarkan bentuk
bangun ruang bola, balok, kubus, tabung.
3. Mencocokkan gambar dengan benda bebentuk
bangun ruang bola, tabung, kubus, balok.
Kegiatan Penutup
Bagaimana anak-anak, sudah paham mengenai bangun ruang serta berbagai jenis-jenis bangun ruang Bila ada yang mau ditanyakan, silakan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar ya.. Untuk melihat sejauh mana pemahaman kalian, silakan kerjakan soal berikut ini:
Lembar Evaluasi:
1. Coba susun kata tersebut sesuai dengan nama bangun ruang tersebut.
BANGUN RUANG
BANGUN RUANG |
|
|
|
|
|
2. Coba urutkan bangun ruang di bawah ini mulai dari ukuran paling besar sampai dengan ukuran paling kecil.
3. Coba pasangkan benda-benda di bawah ini sesuai dengan bentuknya!
4. Tulislah jawaban yang tepan dari bertanyaan berikut.
5. Lala berlatih mewarnai gambar. Mari kita bantu Lala. Warnai gambar sesuai dengan bentuknya!
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa bangun ruang merupakan bangun tiga dimensi yang memiliki ruang dan dibatasi dengan sisi-sisi. Terdapat banyak jens-jenis bangun ruang diataranya seperti: bola, kubus, balok dan tabung, dan setiap bangun ruang pasti memiliki sifatnya masing-masing.
Bagaimana pembelajaran hari ini? Apakah kalian suka atau tidak? Bila suka silakan kirim emoticon senyum ☺ dikolom komentar, dan bila kalian tidak suka kirimkan emoticon sedih beserta alasannya mengapa kalian tidak suka ya..
Alhamdulillah, pembelajaran hari ini sudah selesai... yukk kita baca doa setelah belajar dulu yaa.. Berdoa dimulai (hening sejenak) Berdoa selesai. Sekian pembelajaran hari ini, Tetap semangat, rajin belajar, rajin berolahraga , Tetep Jaga kesehatan dan kebersihan yaa anak – anak.. Terimakasih untuk orangtua murid yang bersedia membimbing anaknya dalam belajar. Terima kasih murid-murid semuanya, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya yaa... Wassalamualaikum, Wr. Wb..
Tujuan
1. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui nama bangun ruang bentuk kubus.
2. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui nama bangun ruang bentuk balok.
3. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui nama bangun ruang bentuk bola.
4. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui nama bangun ruang bentuk tabung.
5. Dengan
mengidentifikasi gambar, siswa mampu mengurutkan bentuk bangun ruang dari yang
terbesar ke bentuk yang terkecil.
6. Dengan
mengidentifikasi gambar, siswa mampu mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang dengan tepat..
7. Melalui
kegiatan menggambar, siswa dapat mengkombinasikan bentuk bangun ruang menjadi
sebuah benda berbentuk mobil.
Komentar
Posting Komentar