Kegiatan Awal
Assalamualaikum
Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Selamat
pagi anak-anak, bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa sehat semua ya.
Absen
dulu ya (guru mengecek kehadiran siswa)
Sebelum
belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu, berdoanya silahkan
dipinpin oleh ketua kelas
Berdoa
dimulai (hening sejenak) selesai....
Untuk
melihat kesiapan anak-anak semuanya, coba perhatikan kanan-kirinya kemudian lemparkan
senyum dan duduknya
tolong
dirapihkan
Anak-anak
sebelumnya siapa yang hapal lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”?
Ayo...
kita menyanyikan
lagu “Dari
Sabang Sampai Merauke” bersama-sama
Dari Sabang Sampai Merauke
Ciptaan : R. Suharjo
Dari sabang sampai
merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung
menjadi satu
Itulah Indonesia
Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia
Nah
anak-anak dari lagu tadi kita belajar bahwasannya Indonesia itu sangat kaya dengan kakayaan alam dan keberagaman
suku serta kebudayaannya, meskipun indonesia sangat beragam dari ujung timur
sampai ujung barat tetap saja kita semua adalah saudara sebangsa dan
setanah air, kita harus menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan supaya Indonesia yang beragam ini
tidak terpecah belah.
Selain
itu Indonesia juga kaya akan sumber
daya alam yang bisa
digunakan masyarakatnya untuk memenuhi kebutuhan sehari – harinya. Tapi disisi
lain kita juga harus bisa menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang kita
miliki supaya tidak punah
Hari ini kita akan belajar Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi, subtema 2 : Manfaat Energi. Nanti kita akan belajar
bersama-sama tentang sumber daya alam dan manfaatnya dilingkungan masyarakat.
Harapannya anak-anak semua dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik
yaa...
Sehingga
anak-anak semua mampu memahami materi
yang disampaikan
Kegiatan Inti
Siapa
yang disini sering menggunakan air dalam kehidupan sehari-hari?
Pasti
semua sering yaa... karena air merupakan salah satu sumber daya alam yang di miliki Indonesia dimana ketersediaannya sangat
melimpah dan sangat berguna bagi kehidupan manusia
Seperti
untuk mandi, mencuci, menyiram tanaman dan lain sebagainya
Meskipun ketersediaan air di lingkungan kita sangat
melimpah tapi tetap harus bijak dalam menggunakannya
Kita harus melihat ke saudara kita yang berada di
daerah yang kesulitan mendapatkan air, jangankan bermain air bahkan untuk minum
sekalipun kadang – kadang mereka harus berjalan berpuluh puluh kilometer untuk
mendapatkan air bersih
Jadi anak – anak kita harus senantiasa bersyukur
kepada tuhan karena diberikan kemudahan dalam mendapatkan air dan ingat jangan
menggunakan air untuk sesuatu yang tidak berguna, kita harus bisa berhemat dan
mengusahakan untuk melestarikan air supaya ketersediaanya tetap terjaga
Kalian semua pasti sudah paham kan kegiatan apa saja
yang termasuk pemborosan dan penghematan air, ibu yakin kalian pasti sudah
paham karena kalian anak – anak yang cerdas dan bisa membedakan mana kegiatan
yang baik dan mana kegiatan yang buruk
Coba ibu ingin salah satu dari kalin bisa menyebutkan
masing – masing satu contoh kegiatan yang menunjukan pemborosan dan penghematan
air
Anak – anak sekarang kan kita akan belajar mengenai
sumber daya alam yang dimiliki Indonesia serta pemanfaatannya, nah disubtema
sebelumnya kan kalian sudah belajar mengenai sumber energi yang didalamnya
mempelajari juga perihal sumber daya alam yang ada di Indonesia
Nah, coba disini masih ada yang ingat tidak apa itu
sumber daya alam? Yang tau coba acungkan tangannya
Sumber daya alam adalah semua yang
terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk
mencukupi segala kebutuhan hidupnya contohnya seperti laut, tumbuh – tumbuhan,
sinar matahari, minyak bumi, batu bara dan masih banyak lagi.
Sumber daya
alam ini ada yang dapat diperbaharui dan ada yang tidak dapat diperbaharui
sehingga dalam penggunaannya kita harus bijak dan juga keberadaannya harus
dilestarikan supaya sumber daya alam ini tetap tersedia.
Di Indonesia
sendiri sumber daya alamnya sangat melimpah loh, ada yang tau tidak sumber daya
alam yang dimiliki oleh Indonesia apa saja?
Anak – anak
seperti yang sudah ibu singgung tadi, sumber daya alam itu ada untuk
dimanfaatkan manusia supaya dapat mencukupi kebutuhan hidupnya, nah disini ada
yang bisa menyebutkan satu contoh sumber daya alam dan pemanfaatannya. Yang
berani ayo acungkan tangannya.
Ibu kasih
contoh sederhana ya anak – anak, contoh sumber daya alam yang melimpah di
Indonesia seperti yang sudah disebutkan ibu sebelumnya adalah air. Kalian semua
pasti tahu Indonesia memiliki banyak lautan dan sungai.
Nah air dari
lautan, sungai maupun dari sumber mata air lainnya dapat dimanfaatkan untuk
memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti untuk minum, mandi dan mencuci
Selain itu,
air sungai yang bisa digunakan untuk irigasi atau dijadikan sebagai pembangkit
listrik dengan cara membangun kincir di dekat aliran air terjun, biasa kita
kenal dengan nama PLTA.
Baik anak – anak ibu akan menayangkan sebuah video
tentang Sumber Daya Alam dengan pengelompokannya, ibu ingin kalian memperhatikan
tayangan video ini dengan seksama supaya wawasan kalian terkait mengenai materi
yang sedang dipelajari saat ini semakin bertambah yaa
Setelah selesai menonton video, sekarang ibu ingin
kalian duduk berkelompok dalam 3-4 orang saja.
Kalian baca
buku tema kalian halaman 55 – 56 tentang contoh lain sumber daya alam yang
dimiliki
Indonesia berikut dengan pemanfaatannya, setelah kalian baca ibu ingin
kalian berdiskusi dengan teman sekelompok kalian untuk mengisi lembar LKS yang
akan ibu bagikan.
Lembar Kerja Siswa
Judul KegiatanMenggunakan Sumber Daya Alam Dengan Bijak1.Siswa dapat mengelompokkan kegiatan cara menghemat air
dan menginefisienkan air.
2.Siswa dapat menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya yang terjadi di lingkungan sekitar
tempat tinggal dalam
bentuk tulisan yang sistematis.
Alat dan Bahan1.
Sterofom2.
Gambar sumber daya alam3.
Peta
Indonesia4.
Kertas
5.
Pushpin6.
Lem
Petunjuk dan
Langkah-langkah Kegiatan1. Kegiatan Pertama
a. Siswa
diberikan kertas, berisi
kalimat prosedur cara menghemat air dan memboroskan air.
b. Siswa
menyusun kalimat tersebut di
tempat yang telah di sediakan (sterofom)
c. Siswa membuat kesimpulan manfaat menghemat penggunaan
air
2. Kegiatan Kedua
a. Siswa
diberikan peta Jawa Barat
beserta sumber daya alam yang di hasilkan dari daerah tersebu
b. Siswa mengelompokkan sumber daya alam berdasarkan
pemulihannya
c. Siswa
menulis manfaat dari sumber
daya alam yang ia ketahui
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Kelompok
|
|
Anggota Kelompok
|
|
1. Kegiatan pertamaKelompokkan kalimat tersebut ketempat yang
telah di sediaka 1. Mematikan keran setelah selesai di gunakan. 2.Menyiram tanaman setiap jam. 3.Membiarkan saluran air yang bocor 4. Mandi 2 kali sehari 5. Menyiram tanaman pagi dan sore hari. 6. Menyalakan keran setiap saat.
Apa saja manfaat menghemat penggunaan air?
2. Kegiatan Kedua
No | Sumber Daya Alam Yang Dapat Perbaharui | Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Perbaharui |
| | |
No | Macam-macam Sumber Daya Alam | Manfaat |
| | |
Apakah
kalian semua sudah paham? Kalau masih ada yang belum paham boleh ditanyakan
kepada ibu
Apakah
kalian semua sudah selesai mengerjakan tugas yang ibu berikan? Jika sudah ibu
ingin ada perwakilan dari tiap – tiap kelompoknya minimal 2 orang untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian didepan kelas.
Baik
anak-anak, untuk melihat sejauh mana pemahaman kalian terkait materi yang sudah disampaikan,
ibu ingin kalian mengerjakan
soal
berikut ini:
LEMBAR EVALUASI
Nama :
Hari/Tanggal :
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut!
Berilah tanda (X) pada huruf a,b,c, atau d pada
jawaban yang tepat!
1. Dibawah ini yang bukan termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah... a. Batu
Bara, Rosela, Karet, dan Nikel
b. Nikel,
Rotan, Batu Bara, dan Kelapa Sawit c. Kelapa
Sawit, Rosela, Rotan, dan Karet d. Batu
Bara, Nikel, Timah, dan Emas 2. Perhatikan jenis kekayaan alam
dibawah ini dengan baik dan benar!1) Tembakau2) Kapur3) Mahoni4) Minyak
Bumi5) Kelapa
SawitBerdasarkan
jenis kekayaan alam diatas yang termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat
diperbaharui ditunjukkan pada nomor ...a.1
dan 2b.1 dan 3c.3
dan 4d.4
dan 53. Kekayaan alam yang dihasilkan oleh
tumbuh-tumbuhan disebut ...a.Hayatib.Nabatic.Hewanid.Fosil4.Teh, Kopi, dan Kelapa termasuk
jenis sumber daya alam hasil ...a.Perikananb.Perkebunanc.Pertaniand.Peternakan5.Bahan bakar yang digunakan pesawat
terbang adalah ...a.Tembagab.Besic.Avturd.Karet6.Indonesia adalah negara yang kaya akan
sumber daya alam. Batu bara adalah salah satunya. Yang termasuk manfaat batu
bara, kecuali ...a.Bahan
bakar untuk menggerakkan mesinb.Pembangkit tenaga
listrik tenaga gasc.Bahan
bakar untuk memasak kebutuhan sehari-harid.Bahan
baku pembuatan kosmetik7.Daerah penghasil timah terbesar di
Indonesia adalah ..a.Bangka
Belitungb.Jawa Baratc.Balid.Papua8.Bulu domba dapat dimanfaatkan
untuk bahan baku...a.Woolb.Minuman
Kesehatanc.Alat
Musikd. Jaket9. Gambar
yang menunjukkan usaha pelestarian sumber daya alam, kecuali... a.
b.
c.
d. 10.Tempat
pelestarian badak bercula satu yang terancam punah terdapat di ...a.Pulau Komodob.Taman
Nasional Gunung Leuserc.Taman
Nasional Way Kambas d.Taman
Nasional Ujung Kulon
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan padat dan jelas!
1. Jelaskan yang
dimaksud dengan Sumber Daya Alam (SDA)! (10
point)
2. Identifikasikan
perbedaan jenis Sumber Daya Alam (SDA) serta berikan maksimal 10 contoh SDA yang merupakan sumber kekayaan di Indonesia dalam bentuk tabel! (15 point)
3. Bagaimana cara
Anda ketika melihat teman sekelas Anda yang menggunakan air dengan boros
ataupun berlebihan? (20 point)
4. Jelasakan
secara singkat sesuai pengamatan Anda mengenai sumber daya alam yang terancam
punah di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda dan bagaimana cara mengatasi
permasalahan tersebut!
(20 point)
5. Buatlah teks
petunjuk membuat produk (kipas) sesuai pemahaman Anda tentang pemanfaatan
bentuk energi yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan
menggunakan kalimat yang efektif dan kosakata baku! ( 35 point)
Kegiatan Penutup
Bagaimana
pembelajaran hari ini?
Apakah kalian senang?
Coba tadi kita belajar apa saja?
Ada yang bisa menyebutkan bagaimana cara kita untuk
menjaga sumber daya alam yang kita miliki supaya tetap lestari?
Disini ada yang bisa menyebutkan kesimpulan dari
pembelajaran yang dilakukan hari ini?
Jadi anak – anak sumber daya alam di Indonesia itu
sangat banyak dan tentunya sangat berguna bagi kehidupan masyarakatnya, tapis
dalam pemanfaatannya kita harus bijak supaya sumber daya alam yang kita miliki
bisa terus dimanfaatkan oleh generasi bangsa di masa depan
Anak-anak apakah kalian sudah paham mengenai sumber daya alam yang ada di Indonesia beserta
pemanfaatannya? Bila ada yang belum paham atau ada yang
mau ditanyakan, silahkan angkat tangan ya dan sebutkan pertanyaaan nya
Ibu harap kalian semua sudah cukup paham ya mengenai
macam – macam sumber daya alam yang ada di Indonesia beserta caranya untuk
melestarikan dan menjaga sumber daya alam tersebut. Karena sudah tugas kita
sebagai manusia untuk menjaga apa sudah tuhan anugerahi di bumi yang kita
tempati ini.
Sekian
dulu pembelajaran hari ini
Sebelum berdo’a ibu ingin kalian melihat kesekeliling
kalian, ambil sampah dan rapikan lagi semua yang ada disekitar kalian supaya
tempat ini kembali bersih dan rapih seperti sebelumnya
Mari
kita berdoa untuk menutup kegiatan hari ini. Berdoa mulai (hening)
selesai...
Wassalamualaikum
Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Komentar
Posting Komentar