Bahan Ajar dan Evaluasi Kelas 4SD. Tema 2 : Selalu Berhemat Energi. Subtema 2 : Manfaat Energi

Kegiatan Awal

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa sehat  semua ya.

Absen dulu ya (guru mengecek kehadiran siswa)

Sebelum belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu, berdoanya silahkan dipinpin oleh ketua kelas

Berdoa dimulai (hening sejenak) selesai....

Untuk melihat kesiapan anak-anak semuanya, coba perhatikan kanan-kirinya kemudian lemparkan senyum dan duduknya tolong dirapihkan

Anak-anak sebelumnya siapa yang hapal lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”?

Ayo... kita menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” bersama-sama

       Dari Sabang Sampai Merauke
       Ciptaan : R. Suharjo
Dari sabang sampai merauke               
Berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Nah anak-anak dari lagu tadi kita belajar bahwasannya Indonesia itu sangat kaya dengan kakayaan alam dan keberagaman suku serta kebudayaannya, meskipun indonesia sangat beragam dari ujung timur sampai ujung barat tetap saja kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air, kita harus menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan supaya Indonesia yang beragam ini tidak terpecah belah.

Selain itu Indonesia juga kaya akan sumber daya alam yang bisa digunakan masyarakatnya untuk memenuhi kebutuhan sehari – harinya. Tapi disisi lain kita juga harus bisa menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang kita miliki supaya tidak punah

Hari ini kita akan belajar Tema 2 : Selalu Berhemat Energi, subtema 2 : Manfaat Energi. Nanti kita akan belajar bersama-sama tentang sumber daya alam dan manfaatnya dilingkungan masyarakat. 

Harapannya anak-anak semua dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik yaa...
Sehingga anak-anak semua mampu memahami materi yang disampaikan

Kegiatan Inti

Bahasa Indonesia

Siapa yang disini sering menggunakan air dalam kehidupan sehari-hari?

Pasti semua sering yaa... karena air merupakan salah satu sumber daya alam yang di miliki Indonesia dimana ketersediaannya sangat melimpah dan sangat berguna bagi kehidupan manusia

Seperti untuk mandi, mencuci, menyiram tanaman dan lain sebagainya

Meskipun ketersediaan air di lingkungan kita sangat melimpah tapi tetap harus bijak dalam menggunakannya

Kita harus melihat ke saudara kita yang berada di daerah yang kesulitan mendapatkan air, jangankan bermain air bahkan untuk minum sekalipun kadang – kadang mereka harus berjalan berpuluh puluh kilometer untuk mendapatkan air bersih

Jadi anak – anak kita harus senantiasa bersyukur kepada tuhan karena diberikan kemudahan dalam mendapatkan air dan ingat jangan menggunakan air untuk sesuatu yang tidak berguna, kita harus bisa berhemat dan mengusahakan untuk melestarikan air supaya ketersediaanya tetap terjaga

Kalian semua pasti sudah paham kan kegiatan apa saja yang termasuk pemborosan dan penghematan air, ibu yakin kalian pasti sudah paham karena kalian anak – anak yang cerdas dan bisa membedakan mana kegiatan yang baik dan mana kegiatan yang buruk

Coba ibu ingin salah satu dari kalin bisa menyebutkan masing – masing satu contoh kegiatan yang menunjukan pemborosan dan penghematan air

Anak – anak sekarang kan kita akan belajar mengenai sumber daya alam yang dimiliki Indonesia serta pemanfaatannya, nah disubtema sebelumnya kan kalian sudah belajar mengenai sumber energi yang didalamnya mempelajari juga perihal sumber daya alam yang ada di Indonesia

Nah, coba disini masih ada yang ingat tidak apa itu sumber daya alam? Yang tau coba acungkan tangannya
Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya contohnya seperti laut, tumbuh – tumbuhan, sinar matahari, minyak bumi, batu bara dan masih banyak lagi.

Sumber daya alam ini ada yang dapat diperbaharui dan ada yang tidak dapat diperbaharui sehingga dalam penggunaannya kita harus bijak dan juga keberadaannya harus dilestarikan supaya sumber daya alam ini tetap tersedia.

Di Indonesia sendiri sumber daya alamnya sangat melimpah loh, ada yang tau tidak sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia apa saja?

Anak – anak seperti yang sudah ibu singgung tadi, sumber daya alam itu ada untuk dimanfaatkan manusia supaya dapat mencukupi kebutuhan hidupnya, nah disini ada yang bisa menyebutkan satu contoh sumber daya alam dan pemanfaatannya. Yang berani ayo acungkan tangannya.

Ibu kasih contoh sederhana ya anak – anak, contoh sumber daya alam yang melimpah di Indonesia seperti yang sudah disebutkan ibu sebelumnya adalah air. Kalian semua pasti tahu Indonesia memiliki banyak lautan dan sungai.

Nah air dari lautan, sungai maupun dari sumber mata air lainnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti untuk minum, mandi dan mencuci

Selain itu, air sungai yang bisa digunakan untuk irigasi atau dijadikan sebagai pembangkit listrik dengan cara membangun kincir di dekat aliran air terjun, biasa kita kenal dengan nama PLTA.

Baik anak – anak ibu akan menayangkan sebuah video tentang Sumber Daya Alam dengan pengelompokannya, ibu ingin kalian memperhatikan tayangan video ini dengan seksama supaya wawasan kalian terkait mengenai materi yang sedang dipelajari saat ini semakin bertambah yaa

Setelah selesai menonton video, sekarang ibu ingin kalian duduk berkelompok dalam 3-4 orang saja.

Kalian baca buku tema kalian halaman 55 – 56 tentang contoh lain sumber daya alam yang dimiliki 

Indonesia berikut dengan pemanfaatannya, setelah kalian baca ibu ingin kalian berdiskusi dengan teman sekelompok kalian untuk mengisi lembar LKS yang akan ibu bagikan.

Lembar Kerja Siswa

Judul Kegiatan
Menggunakan Sumber Daya Alam Dengan Bijak

Tujuan Kegiatan
1.Siswa dapat mengelompokkan kegiatan cara menghemat air dan menginefisienkan air.
2.Siswa dapat menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal dalam bentuk tulisan yang sistematis.

Alat dan Bahan
1.      Sterofom
2.      Gambar sumber daya alam
3.      Peta Indonesia
4.      Kertas  
5.      Pushpin
6.      Lem

Petunjuk dan Langkah-langkah Kegiatan
1.     Kegiatan Pertama
a.     Siswa diberikan kertas, berisi kalimat prosedur cara menghemat air dan memboroskan air.
b.     Siswa menyusun kalimat tersebut di tempat yang telah di sediakan (sterofom)
c.     Siswa membuat kesimpulan manfaat menghemat penggunaan air

2.     Kegiatan Kedua
a.     Siswa diberikan peta Jawa Barat beserta sumber daya alam yang di hasilkan dari daerah tersebu
b.     Siswa mengelompokkan sumber daya alam berdasarkan pemulihannya
c.     Siswa menulis manfaat dari sumber daya alam yang ia ketahui          

 LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok

 

Anggota Kelompok

 


1. Kegiatan pertama
Kelompokkan kalimat tersebut ketempat yang telah di sediaka
 1. Mematikan keran setelah selesai di gunakan.
 2.Menyiram tanaman setiap jam.
 3.Membiarkan saluran air  yang bocor
 4. Mandi 2 kali sehari
 5. Menyiram tanaman pagi dan sore hari.
       6. Menyalakan keran setiap saat.

 Apa saja manfaat menghemat penggunaan air?

 

 
2.      Kegiatan Kedua

No

Sumber Daya Alam Yang Dapat Perbaharui

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Perbaharui

 

 

 


No

Macam-macam Sumber Daya Alam

Manfaat

 

 

 

 

Apakah kalian semua sudah paham? Kalau masih ada yang belum paham boleh ditanyakan kepada ibu

Apakah kalian semua sudah selesai mengerjakan tugas yang ibu berikan? Jika sudah ibu ingin ada perwakilan dari tiap – tiap kelompoknya minimal 2 orang untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian didepan kelas.

Baik anak-anak, untuk melihat sejauh mana pemahaman kalian terkait materi yang sudah disampaikan, ibu ingin kalian mengerjakan soal berikut ini:

                         LEMBAR EVALUASI

Nama   :

Kelas   :

Hari/Tanggal  :
 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Berilah tanda (X) pada huruf a,b,c, atau d pada jawaban yang tepat!

1. Dibawah ini yang bukan termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah...
 a. Batu Bara, Rosela, Karet, dan Nikel
 b. Nikel, Rotan, Batu Bara, dan Kelapa Sawit
 c. Kelapa Sawit, Rosela, Rotan, dan Karet
 d. Batu Bara, Nikel, Timah, dan Emas    
2. Perhatikan jenis kekayaan alam dibawah ini dengan baik dan benar!
1)   Tembakau
2)   Kapur
3)   Mahoni
4)   Minyak Bumi
5)   Kelapa Sawit
Berdasarkan jenis kekayaan alam diatas yang termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui ditunjukkan pada nomor ...
a.1 dan 2
b.1 dan 3
c.3 dan 4
d.4 dan 5
3. Kekayaan alam yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan disebut ...
a.Hayati
b.Nabati
c.Hewani
d.Fosil
4.Teh, Kopi, dan Kelapa termasuk jenis sumber daya alam hasil ...
a.Perikanan
b.Perkebunan
c.Pertanian
d.Peternakan
5.Bahan bakar yang digunakan pesawat terbang adalah ...
a.Tembaga
b.Besi
c.Avtur
d.Karet
6.Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Batu bara adalah salah satunya. Yang termasuk manfaat batu bara, kecuali ...
a.Bahan bakar untuk menggerakkan mesin
b.Pembangkit tenaga listrik tenaga gas
c.Bahan bakar untuk memasak kebutuhan sehari-hari
d.Bahan baku pembuatan kosmetik
7.Daerah penghasil timah terbesar di Indonesia adalah ..
a.Bangka Belitung
b.Jawa Barat
c.Bali
d.Papua
8.Bulu domba dapat dimanfaatkan untuk bahan baku...
a.Wool
b.Minuman Kesehatan
c.Alat Musik
d. Jaket
9. Gambar yang menunjukkan usaha pelestarian sumber daya alam, kecuali...
     a.                                                                               
                                       
    b. 

     c. 
   
    d.                        

10.Tempat pelestarian badak bercula satu yang terancam punah terdapat di ...
a.Pulau Komodo
b.Taman Nasional Gunung Leuser
c.Taman Nasional Way Kambas
d.Taman Nasional Ujung Kulon

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan padat dan jelas!

1.  Jelaskan yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam (SDA)! (10 point)
2. Identifikasikan perbedaan jenis Sumber Daya Alam (SDA) serta berikan maksimal 10 contoh SDA  yang merupakan sumber kekayaan di Indonesia dalam bentuk tabel! (15 point)
3.  Bagaimana cara Anda ketika melihat teman sekelas Anda yang menggunakan air dengan boros ataupun berlebihan? (20 point)
4. Jelasakan secara singkat sesuai pengamatan Anda mengenai sumber daya alam yang terancam punah di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut! 
(20 point)
5. Buatlah teks petunjuk membuat produk (kipas) sesuai pemahaman Anda tentang pemanfaatan bentuk energi yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan kalimat yang efektif dan kosakata baku! ( 35 point)
 


Kegiatan Penutup

Bagaimana pembelajaran hari ini? Apakah kalian senang?

Coba tadi kita belajar apa saja?

Ada yang bisa menyebutkan bagaimana cara kita untuk menjaga sumber daya alam yang kita miliki supaya tetap lestari?

Disini ada yang bisa menyebutkan kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan hari ini?

Jadi anak – anak sumber daya alam di Indonesia itu sangat banyak dan tentunya sangat berguna bagi kehidupan masyarakatnya, tapis dalam pemanfaatannya kita harus bijak supaya sumber daya alam yang kita miliki bisa terus dimanfaatkan oleh generasi bangsa di masa depan

Anak-anak apakah kalian sudah paham mengenai sumber daya alam yang ada di Indonesia beserta pemanfaatannya? Bila ada yang belum paham atau ada yang mau ditanyakan, silahkan angkat tangan ya dan sebutkan pertanyaaan nya

Ibu harap kalian semua sudah cukup paham ya mengenai macam – macam sumber daya alam yang ada di Indonesia beserta caranya untuk melestarikan dan menjaga sumber daya alam tersebut. Karena sudah tugas kita sebagai manusia untuk menjaga apa sudah tuhan anugerahi di bumi yang kita tempati ini.

Sekian dulu pembelajaran hari ini

Sebelum berdo’a ibu ingin kalian melihat kesekeliling kalian, ambil sampah dan rapikan lagi semua yang ada disekitar kalian supaya tempat ini kembali bersih dan rapih seperti sebelumnya

Mari kita berdoa untuk menutup kegiatan hari ini. Berdoa mulai (hening) selesai...

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh                                                                                                                                    


Komentar