Tema 1 : Hidup Rukun. Subtema 3 : Hidup Rukun Di Sekolah
Pembukaan :
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi anak anak. apa kabar semuanya????
Siapa disini sebelum berangkat sekolah, salim dulu sama ayah ibu atau kakek nenek nya? Angkat Tangan!
Alhamdulillah, semuanya salim dulu sama ayah ibunya. (kenapa harus salam)
Nah sebelum belajar, alangkah lebih baik kita berdoa dulu. Siapa disini yang mau memimpin doa??
Berdoa dimulai ..
Sesudah berdoa. Absen dulu yukk...
(guru mengabsen per orang siswa) tujuan : untuk membuat semua siswa lebih mengenal satu sama lain
Nah sekarang periksa dulu yuk, meja dan kursi kalian udah bersih atau belum, kalo masih ada sampah kita buang dulu sebelum belajar dimulai.
Jika kelas dan tempat duduk kalian bersih, belajar juga akan terasa nyaman.
Biar semangat, sebelum dimulai belajar, Yuk kita tepuk semangat dulu
SUARA BINATANG (lirik : Becak)
Hari ini tema belajar kita adalah hidup rukun dengan hewan dan tumbuhan.
Hewan dan tumbuhan merupakan mahluk hidup ciptaan allah seperti kita, maka dari itu kita harus bisa hidup rukun dengan mereka.
Kita akan mempelajari berbagai macam hewan dan tumbuhan yang ada dibumi ini, baik hewan air, darat, atau udara. Kita juga akan mempelajari bagian bagian yang ada pada tumbuh hewan dan tumbuhan
Kegiatan Inti:
Bacalah cerita pendek di bawah ini!
Apa isi dari cerita tersebut?
Hewan apa saja yang dimiliki oleh Zia?
Kapan Zia memberi makan hewan dan menyirami tanaman?
Tahukah kalian setiap bagian tubuh hewan dan tumbuhan?
Mari kita perhatikan poster berikut ini!
Kalian pasti sudah mengenal hewan bernama Ikan? Ikan banyak sekali jenisnya, ikan ada yang hidup di laut, di danau, di sungai, dan di kolam.
Sekarang kita akan membahas mengenai bagian-bagian tubuh ikan. Tubuh ikan terdiri dari bagian kepala, badan, sirip dan ekor.
Pada bagian kepala ikan terdapat mata yang berfungsi untuk melihat. Lubang hidung, namun lubang hidung pada ikan tidak berfungsi untuk bernafas, tetapi sebagai indra penciuman yang berfungsi untuk mengenali bau mangsa dan predator. Mulut berfungsi untuk makan. Yang terakhir yaitu Insang yang berfungsi untuk bernafas, dengan insang maka ikan dapat bernafas di dalam air.
Pada bagian badan ikan terdapat sisik yang tersusun rapi. Sisik ikan licin dan berlendir, sisik ikan berfungsi untuk melindungi tubuh ikan. Sirip berfungsi untuk membantu ikan berenang. Lalu
Coba kakak minta tunjukkan bagian ekor ikan yang mana? Kalau bagian sisik ikan yang mana? Kalau yang ini apa namanya? (menunjuk sirip)
Pada bagian ini kita akan mempelajari mengenai bagian tubuh tumbuhan. Bagian tubuh tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Setiap bagian tumbuhan memiliki fungsi yang menunjang kelangsungan hidup tumbuhan.
Bagian pertama tumbuhan adalah akar, akar memiliki fungsi untuk menyerap air dari tanah, memperkokoh tumbuhan agar tidak mudah jatuh, dan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan seperti pada pohon singkong.
Bagian kedua tumbuhan adalah batang, batang memiliki fungsi untuk mengangkut air dan zat makanan dari tanah ke daun dan sebaliknya, menopang tubuh tumbuhan, dan tempat menyimpan cadangan makanan seperti pada tumbuhan sagu dan tebu.
Bagian ketiga tumbuhan adalah daun, daun memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya proses pembuatan makanan bagi tumbuhan atau fotosintesis, alat pernapasan tumbuhan, dan sebagai tempat pengeluaran uap air yang berlebih.
Bagian keempat tumbuhan adalah bunga, bunga berfungsi sebagai alat perkembang biakan tumbuhan, karena bunga juga tumbuhan akan menjadi lebih indah.
Bagian kelima tumbuhan adalah buah, buah berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, dan melindungki biji dari lingkungan luar. Buah juga bisa di makan oleh manusia dan hewan.
Bagian keenam tumbuhan adalah biji, biji berfungsi sebagai calon tumbuhan baru jika ditanam di dalam tanah.
Nah kakak mau tau nih coba tunjukkan bagian batang pohon yang mana? Bagian akar pohon mana?
Sebelum melanjutkan kegiatan berikutnya, alangkah baiknya kita mengerjakan LKS dulu ya.
Lembar Kerja Siswa
Nama :
Kelas :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Berilah tanda (x) pada jawaban huruf a,b,c, atau d pada jawaban yang tepat!
Bacalah Teks dibawah ini dengan seksama untuk menjawab soal nomor 1-3
1. Dari cerita diatas, Maya adalah….Udin
a. Kakak
b. Adik
c. Ibu
d. Bibi
2. Kesimpulan dari cerita diatas adalah…
a. Acuh terhadap sesama
b. Berkelahi
c. Bermusuhan
d. Hidup rukun dan saling tolong menolong
3. Hidup rukun akan membuat kita…
a. Damai
b. Tidak nyaman
c. Terganggu
d. Tidak enak
4. Bagian tubuh ayam yang digunakan untuk memakan makanan adalah…
a. Mata
b. Sayap
c. Paruh
d. Kaki
5. Sayap pada burung berfungsi untuk….
a. Terbang
b. Makan
c. Berlari
d. Memangsa
6. Amatilah gambar berikut!
Hewan yang hidup di air ditunjukan oleh nomor…
a.4
b.2
c.1
d.3
7. Mata pada kambing berfungsi untuk…
a. Melihat
b. Mendengar
c. Berburu
d. Makan
8. Bagiantubuh pada
a. Akar
b. Batang
c. Daun
d. Buah
9. Amatilahgambar berikut!
Bagian tubuh pada tumbuhan ini disebut dengan….
a. Bunga
b. Batang
c. Akar
d. Daun
10. Bagian tubuh tumbuhan yang bisa memunculkan aroma harum adalah…
a. Batang
b. Bunga
c. Akar
d. Ranting
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan jelas!
1. Hewan ini memiliki ciri-ciri seperti berkaki empat, memiliki dua
2. Gambarlah sebuah tumbuhan dan tunjukan bagian-bagian tubuh pada tumbuhan tersebut serta jangan lupa diberi warna!
3. Sebutkan bagian-bagian tubuh pada kambing dan fungsinya!
4. Sebutkan bagian tubuh ikan yang berguna untuk melindungi tubuhnya!
5. Buatlah sebuah peta konsep tentang bagian-bagian tubuh pada hewan dan jangan lupa diberi warna!
Karena semua telah selesai mengerjakan LKS, mari kita membahas LKS ini bersama-sama ya. Bisa di beri tanda ceklis ( Ö ) jika jawaban benar, dan tanda silang ( ´ ) jika jawaban belum tepat. Pada jawaban yang belum tepat boleh diisi dengan jawaban yang benar.
Anak-anak apakah sudah mengerti semuanya? Jika belum boleh langsung bertanya saja ya, acungkan tangannya.
Karena semua sudah mengerti, Bu Guru akan bertanya mengenai materi tadi. Yang tahu jawabannya boleh langsung mengacungkan tangan sambil menyebutkan namanya ya!
Siapa yang tahu bagian-bagian tumbuhan?
Siapa yang tahu fungsi dari akar?
Ikan itu hidup dimana ya anak-anak?
Siapa yang tahu bagian-bagian tubuh ikan?
Nah sekarang Bu Guru punya soal lagi, soal ini harus di kerjakan sendiri-sendiri ya! Setelah selesai boleh langsung dikumpulkan saja ya anak-anak!
Lembar Evaluasi
1. Dari bacaan teks diatas, tuliskan pesan apa yang terkandung dalam teks bacaan tersebut!
2.
3. Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Salinlah tabel berikut kemudian lengkapi bagian tubuh hewan tersebut beserta dengan fungsinya yang belum terdapat pada kolom tersebut sesuai dengan hasil pengamatanmu!
No. |
Nama Hewan |
Bagian tubuh |
1. |
Kambing |
· ............ untuk melihat · …... Untuk mencium · ....... untuk berjalan · ....... untuk makan · Tanduk berfungsi untuk .................... · Ekor berfurngsi untuk .................... |
2. |
Ikan |
· Ekor untuk ….................... · Sisik untuk ........................ · ......... untuk melihat · ......... untuk makan · Sirip untuk …..................... |
Anak-anak setelah mengerjakan lembar penilaian, mari kita mempraktekan mendeteksi tangan yang kotor dan tidak kotor, dengan cara menggunakan bubuk merica lalu setelahnya mencuci tangan. Nanti kalian bisa melihat sendiri perbedaan tangan yang kotor dan tidak kotor.
Nah dari hasil praktek tadi, dapat disimpulkan bahwa tangan yang bersih tentu akan terhindar dari kuman yang menempel, kuman-kuman akan pergi dari tangan yang bersih. Namun, jika tangan kita kotor, maka kuman akan senang menempel ditangan kita. Oleh karena itu, sebaiknya jika akan makan dan melakukan aktivitas lain sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu, agar kita terhindar dari kuman. Jangan lupa ya anak-anak cuci tangan nya menggunakan sabun.
Kegiatan Penutup :
Bagaimana anak-anak, sudah tau mengenai bagian-bagian tumbuhan dan hewan? Kalau masih ada yang mau ditanyakan boleh ya mengacungkan jarinya.
Kakak mau tau nih, teman-teman sudah tau kan ya mengenai bagian-bagian yang ada pada tumbuhan dan hewan. Coba kakak mau tanya nih coba sebutkan bagian-bagian ikan yang kakak tunjuk ya! (Menunjuk secara random bagian ikan)
Bagaimana belajar hari ini? Seru tidak teman teman? Untuk pembelajaran hari ini cukup sekian dulu ya. Tetap semangat semuanya. Sebelum pulang kita berdoa dulu yuk bersama sama.
Terimakasih teman teman semuanya, sampai berjumpa besok
Wassalamualaikum. Wr.wb
Komentar
Posting Komentar