Bahan Ajar dan Evaluasi kelas 1 Tema 2:Kegemaranku, Subtema 1 : Gemar Olahraga

 Tema  2 : Kegemaranku,  Subtema  1 : Gemar Olahraga 

Kegiatan  Awal   

Assalamualaikum Wr. Wb   

Selamat Pagi anak-anak?  Semoga  kabar kalian hari ini sehat semua  ya.   

Sebelum  belajar, mari kita berdoa  terlebih dahulu  ya   Berdoa  dimulai (hening  sejenak)   Berdoa  Selesai..   

Setelah kita  berdoa, sebelum mulai pembelajaran berikutnya  kita  tepuk semangat dulu  yaa.. 

Tepuk  Semangat 

Prok  3x SE 

Prok  3x  MA 

Prok  3x NGAT 

SE  MA NGAT Aye!!! 

Bagaimana, sudah semangat untuk belajar  hari ini?   

Sebelum  belajar, mari kita bernyanyi bersama terlebih dahulu  yaa.

Hari ini kita akan belajar Tema 2 : Kegemaranku, Subtema 1 : Gemar Olahraga. Tujuan dari pembelajaran hari ini yaitu :

 

1.      Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.

 

2.      Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat.

 

3.      Dengan mengamati dan mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berolahraga atau bermain

 

4.      Dengan menyimak teks yang dibacakan guru, siswa dapat mengidentifikasi tata cara serta aturan dalam salah satu permainan tradisional (ular naga).

 

Nanti kita akan mengamati beberapa gambar permainan dan olahraga lalu kita akan mencari tahu apa saja hal – hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berolahraga atau bermain. Kemudian nanti kita akan mempraktekan salah satu permainan tradisional yaitu ular naga. 

Kegiatan Inti

 A. Lompat Tali

Lom-pat Ta-li

 

Lompat Tali

  

B.  Ular Naga

U-lar Na-ga

 

 Ular Naga


C.  Senam



Se – nam

 Senam


D.  Tapak Gunung

        

Ta-pak   Gu-nung Tapak Gunung

E.  Bersepeda


Ber-se-pe-da

              Bersepeda


Dari  gambar diatas,

            -         Apakah kalian pernah memainkannya?

            -         Permainan apa yang paling kalian sukai?


Nah, Tahukah Kalian?

Ternyata Gambar – gambar tersebut memiliki banyak manfaat loh untuk kita serta tubuh. Selain itu , memainkannya juga membuat kita merasa senang.

 Manfaat Lompat Tali :

       1.    Membuat otot menjadi kuat dan berisi

       2.    Melatih kekuatan otot jantung.

       3.    Membantu menambah tinggi badan yang seimbang.

       4.    Melatih kinerja otak agar lebih responsif.

       5.    Membuat anak terhibur dan mehilangkan stres.

 

Manfaat permainan ular naga :

      1.      Semakin mempererat ikatan kita dengan teman

2.      Melatih emosional dan kecakapan dalam berkomunikasi

3.      Belajar berbagi dan belajar mempertahankan teman

4.      Melatih kemampuan motorik anak dan juga untuk kesehatan

5.      Selain itu, permainan ini juga mendidik anak tentang arti kebersamaan dan menghargai orang lain.

 

Manfaat Tapak Gunung :

      1.      Melatih otot.

2.      Membawa keceriaan dan menghilangkan stres.

3.      Membantu menambah tinggi badan.

 

Manfaat Senam :

      1.      Mengembangkan kemampuan motorik

2.      Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

3.      Meningkatan kekuatan otot anak

4.      Meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh

 

Manfaat bersepeda :

        1.       Membantu anak untuk melatih keseimbangan

2.       Melatih kemampuan berkonsentrasi pada anak

3.       Melatih kemampuan motorik anak

4.       Membantu anak untuk belajar arah kiri, kanan, depan dan belakang.


Selanjutnya, Coba kalian baca teks dibawah ini yaa.


Keluarga Bimo senang berolahraga

 

Olahraga membuat badan sehat

 

Berolahraga bisa sambil bermain

 

Hati senang dan badan menjadi sehat


Ani dan teman – teman senang

 

bermain sepeda

 

Mereka bersepeda di hari minggu

 

Bersepeda bersama menyenangkan

 

Bersepeda juga menyehatkan



Berikan tanda ceklis (V) pada gambar anak yang mematuhi peraturan dan tanda( X ) pada gambar anak yang tidak mematuhi aturan.




Anak-anak apakah ada yang tau nama dari permainan tradisional ini?



















Bagaimana cara bermainnya?

Nah cara bermain permainan ini adalah sebagai berikut :

1.     Permainan ular naga bisa dimainkan minimal oleh 7 orang anak, 2 orang bertugas sebagai penjaga dan sisanya akan berjalan melewati penjaga. 

2.     Ketika memulai permainan biasanya di acak dulu dengan hompimpa untuk menentukan siapa 2 orang sebagai penjaga. Sisa pemainnya berbaris dengan saling memegang pundak temannya dan berjalan melewati kedua penjaga

3.   Permainan ular naga dimulai dengan nyanyian lagu daerah atau lagu-lagu pilihan lainnya. Ketika lagu berhenti, penjaga akan menangkap salah satu orang dan yang tertangkap harus keluar dari permainan.

  Bagaiman cukup mudah bukan? Kalian juga bisa mempraktekannya dengan Ayah Bunda di Rumah. Selamat dicoba yaa...

 

Kegiatan Penutup

 

Bagaimana anak-anak, sudah paham mengenai macam - macam permainan tradisional dan olahraga, manfaatnya serta hal yang boleh tidak dilakukan saat bermain atau berolahraga ? Bila ada yang mau ditanyakan, silakan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar ya..


Untuk melihat sejauh mana pemahaman kalian, silakan kerjakan soal berikut ini:

 

1.   Tunjukan nama yang sesuai dengan cara memelihara kesehatan tubuh berikut!




2.      Kelompokan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain ataupun berolahraga bersama teman dibawah ini !


3.      Salah satu latihan fisik yang sistematis dengan bantuan alat tangan seperti tali, simpai, bola, tongkat dan pita yang dihubungkan dengan gerakan tari serta diiringi dengan sebuah irama baik lagu ataupun instrument music. Sehingga menciptakan kesesuaian irama antara music dan gerakan tubuh disebut dengan olahraga senam ……

 

4.      Tahukah kamu, kita bisa berolahraga sekaligus bermain. Salah satunya kita bisa memainkan permainan tradisional. Apa itu permainan tradisional?

 

5.      Apa nama permainan ini?



6.   Apa nama permainan ini?


  

7.   Darimana permainan tradisional ini berasal?


  

8.    Darimana permainan tradisional ni berasal?



 9.      Aku biasa dimainkan di luar ruangan. Aku dimainkan oleh minimal dua orang pemain. Aku dimainkan dengan cara mencari dan bersembunyi. Coba tebak siapa namaku?



10. Ayo Coba Tebak siapa aku ?


   

Namaku ….. . Aku berasal dari negara …… . Aku dikenal oleh banyak orang. Aku bisa dimainkan dengan minimal oleh dua orang. Papan khusus dan sebuah dadu adalah alat yang dibutuhkan untuk memainkanku.


Jadi, pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa olahraga dan permainan tradisional memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti dapat melatih kemampuan motorik, melatih keseimbangan, melatih kemampuan gerak koordinasi, melatih kelenturan tubuh. Selain itu, bermain sambil berolahraga juga sangat bagus untuk melatih kemampuan berkomunikasi, melatih emosional, melatih anak untuk berkonsentrasi, bertanggung jawab serta menghargai orang lain.

 

Ketika sedang bermain atau sedang berolahraga kita harus memperhatikan hal – hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Kita harus menuruti aturan permainannya serta belajar untuk menghargai orang lain.

 

Bagaimana pembelajaran hari ini? Apakah kalian suka atau tidak? Bila suka silakan kirim emoticon senyum dikolom komentar, dan bila kalian tidak suka kirimkan emoticon sedih L beserta alasannya mengapa kalian tidak suka ya..

 

Alhamdulillah, pembelajaran hari ini sudah selesai... yukk kita baca doa setelah belajar dulu

yaa.. Berdoa dimulai (hening sejenak)

Berdoa selesai.

Sekian pembelajaran hari ini,

Tetap semangat, rajin belajar, rajin berolahraga , Tetep Jaga kesehatan dan kebersihan yaa anak – anak..

Terimakasih untuk orangtua murid yang bersedia membimbing anaknya dalam belajar.

Terima kasih murid-murid semuanya, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya yaa...

Wassalamualaikum, Wr. Wb..


Tujuan

1.      Melalui penampilan poster, siswa diharapkan  dapat mengetahui cara memelihara kesehatan tubuh.

2.      Melalui penampilan poster, siswa diharapkan  dapat mengetahui hal yang boleh dilakukan saat bermain.

3.      Melalui penampilan poster, siswa diharapkan  dapat mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan saat bermain.

4.      Melalui penampilan poster, siswa diharapkan  dapat mengetahui nama-nama permainan tradisional.

5.      Melalui penampilan poster, siswa diharapkan  dapat mengetahui  masing-masing daerah asal permainan tradisional.

6.      Melalui penampilan poster, siswa diharapkan  dapat mengetahui cara memainkan permainan tradisional.


Evaluasi

1.   Tunjukan nama yang sesuai dengan cara memelihara kesehatan tubuh berikut!




2.      Kelompokan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain ataupun berolahraga bersama teman dibawah ini !


3.      Salah satu latihan fisik yang sistematis dengan bantuan alat tangan seperti tali, simpai, bola, tongkat dan pita yang dihubungkan dengan gerakan tari serta diiringi dengan sebuah irama baik lagu ataupun instrument music. Sehingga menciptakan kesesuaian irama antara music dan gerakan tubuh disebut dengan olahraga senam ……

 

4.      Tahukah kamu, kita bisa berolahraga sekaligus bermain. Salah satunya kita bisa memainkan permainan tradisional. Apa itu permainan tradisional?

 

5.      Apa nama permainan ini?



6.   Apa nama permainan ini?


  

7.   Darimana permainan tradisional ini berasal?


  

8.    Darimana permainan tradisional ni berasal?



 9.      Aku biasa dimainkan di luar ruangan. Aku dimainkan oleh minimal dua orang pemain. Aku dimainkan dengan cara mencari dan bersembunyi. Coba tebak siapa namaku?



10. Ayo Coba Tebak siapa aku ?


   

Namaku ….. . Aku berasal dari negara …… . Aku dikenal oleh banyak orang. Aku bisa dimainkan dengan minimal oleh dua orang. Papan khusus dan sebuah dadu adalah alat yang dibutuhkan untuk memainkanku.







Komentar