Bahan Ajar Kelas 4 Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Subtema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Kegiatan Awal
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa sehat semua yaa...
Sebelum belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu
Berdoa dimulai (hening sejenak) selesai....
Baik anak-anak, absen dulu yaa.. (guru mengecek kehadiran siswa)
Untuk melihat kesiapan anak-anak semuanya, coba perhatikan teman sebangku masing-masing, kemudian saling merapihkan penampilan teman sebangku masing-masing.
Siap anak-anak? Ayo dimulai...
Setelah selesai... kita akan menyanyikan lagu “Pohon Jambu” agar belajarnya tambah semangat lagi
(Lirik Pohon Jambu)
Di belakang rumah ada pohon jambu
Pohon jambu amat tinggi
Buahnya banyak sebesar kepalku
Aku suka sekali
Di depan rumah ada bunga-bunga
Bunga mawar dan melati
Ada yang putih ada yang merah
Aku suka sekali
Di belakang rumah ada pohon jambu
Pohon jambu amat tinggi
Buahnya banyak sebesar kepalku
Jadi anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Subtema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Materi belajarnya mengenai bilangan pecahan dan desimal. Harapannya anak-anak semua dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, sehingga mampu memahami materi yang disampaikan
Kegiatan Inti
Anak – anak pastinya pernah disuruh oleh ibu kalian membeli barang misalnya membeli kacang hijau ¼ kilo atau mungkin kalian memiliki peliharaan misalnya ayam yang berat selalu kalian timbang supaya bila beratnya sudah 2,5 kilo akan kalian potong dan diberikan kepada ibu kalian untuk dimasak
Nah anak – anak mungkin tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari – hari juga terdapat bilangan pecahan dan desimal seperti yang sudah ibu sebutkan tadi membeli kacang hijau ¼ atau menunggu ayam hingga beratnya sampai 2,5 kilo
Bilangan – bilangan yang ibu sebutkan tadi merupakan contoh bilangan pecahan dan bilangan desimal
Coba sekarang kalian semua perhatikan pecahan acuan yang ada di buku seperti berikut ini.
Semuanya pasti sudah tau kan kalau dalam sebuah pecahan itu ada yang dibilang sebagai pembilang dan penyebut
Coba yang tau tolong tunjuk bagian yang disebut pembilang dan bagian yang disebut penyebut pada tabel pecahan acuan dibuku kalian masing – masing
Nah anak – anak bilangan pecahan ini bisa dirubah ke bilangan desimal loh, hal ini biasanya supaya memudahkan dalam pengoperasian bilangan, sebelumnya ada yang tahu tidak apa itu bilangan desimal?
Anak-anak bilangan desimal merupakan pecahan yang dari hasil pembagian suatu bilangan dengan 10,100, 1000 dst. Atau bisa disebut juga bilangan desimal adalah bilangan pecahan yang memiliki penyebut khusus seperti 10,100,1000 dst dan dalam penulisan bilangan decimal memiliki ciri khusus yaitu ada tanda koma nya contohnya seperti 0,6 0,20 0,120 dll
Baik anak – anak untuk lebih memperjelas pemahaman kalian terkait bilangan pecahan Ibu disini mempunyai sebuah permainan yang bernama “Kotak Pecahan”
Jadi dalam permainan “Kotak Pecahan” ini kalian akan belajar mengkonkreat kan pecahan melalui bahan – bahan yang sudah disiapkan
Ibu ingin kalian berkelompok terlebih dahulu dalam 2-3 orang saja lalu kalian kerjakan LKPD yang akan ibu bagikan ini secara bersama – sama ya.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Judul Kegiatan
Asal mula bilangan pecahan
Tujuan Kegiatan
Peserta didik dapat menjelaskan asal mula bentuk pecahan.
Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi bilangan pecahan dalam bentuk lingkaran.
Alat dan Bahan
Kertas warna
Spidol warna
Gunting
Lem
Kertas HVS
Petunjuk dan Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Pertama
Peserta didik diberikan kertas warna
Peserta didik membuat bentuk pecahan 1/2, 1/3, 1/5, 2/3, 4/5 dalam bentuk lingkaran
Peserta didik menempelkan hasil pekerjaan tersebut pada kertas yang telah disediakan.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Nah anak-anak ibu ingin hasil diskusi kelompok kalian yang tadi sudah kalian kerjakan bersama – sama dipresentasikan di depan ya, semua anggota kelompok boleh maju kedepan untuk menjelaskan hasil diskusi kalian. Dan jika ada yang tidak mengerti bisa ditanyakan ya agar kita dapat menbahasnya bersama – sama.
Untuk kegiatan selanjutnya kita akan belajar Cara Mengubah Bilangan Pecahan Menjadi Bilangan Desimal
Kan sebelumnya sudah disinggung ya kalau bilangan desimal itu adalah bilangan pecahan yang memiliki penyebut khusus seperti 10, 100, 1000, dst.
Jadi yang harus kalian ingat adalah
Contohnya ibu punya bilangan desimal 0,6 kitaa akanubah 0,6 ini menjadi bentuk pecahan
Coba perhatikan ada berapa angka di sebelah kanan 0?
Ada satu angka jadi ini merupakan bialangan pecahan yang berpenyebut 10 jadi 0,6 sama dengan berapa persepuluh? Ada yang tau?
Anak – anak kita bisa langsung pindahin angka 6 nya ke bagian pembilang ya jadi 0,6 = 6/10
Kan contoh yang ibu sebutkan barusan mah mengubah bilangan desimal menjadi bialangan pecahan ya sekarang gimana kalau sebaliknya? Merubah pecahan menjadi desimal?
Contoh : Pecahan 3/5 akan diubah kebentuk desimal
Ada dua cara yang bisa dipakai buat ngubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal loh anak – anak
Yang pertama kalian bisa mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal dengan memakai aturan yang ada dalam bilangan desimal dimana kita akan membuat penyebut dari bilangan pecahan tersebut menjadi kelipatan 10 seperti 10, 100, 1000 dst.
3/5 dengan penyebutnya adalah 5 dan pembilang adalah 3
Seperti contoh sebelumnya coba ada yang bisa mengubah 6/10 menjadi bentuk desimal? Ini sudah gampang loh
Cara yang kedua adalah dengan cara dibagi kurung, kalian semua sudah paham bagaiman pengoperasian bagi kurung? Contohnya seperti gambar ini ya
Kalian hanya tinggal membagi bagian pembilang oleh bagian penyebut dari pecahan, mudah kan?
Sekarang kita akan belajar bagaimana Cara Mengerjakan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Desimal
Cara mengerjakan operasi ini adalah dengan mengurutkan tanda koma pada masing – masing bilangan yang akan dioperasikan pada perhitungan bersusun lalau menghitung angka – angka yang tempatnya sama
Contohnya 5,85 + 2,5 =
Pertama tama kalian ubah kedalam penjumlahan bersusun dengan menempatkan masing – masing koma dari bilanagn berurutan jika sudah kalian tinggal mengoperasikannya saja
Angka 5 turun kebawah lalu 8 ditambah 5 berapa hasilnya? Ya 13
3 nya disimpan 1 nya dibawa keatas, 5 ditambah 2 ditambah lagi 1 jadi berapa? Yaa 8
Setelah itu komanya tinggal diturunkan saja, hasilnya jadi 5,85 + 2,5 = 8,25
Untuk operasi pengurangan sama aja ya seperti operasi penjumlahan tinggal komanya diurutkan lalu tinggal dikurangi
Baik anak anak setelah tadi kita belajar mengenai cara merubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal begitu pula sebaliknya dan cara mengoperasian bilangan desimal sekarang kita akan belajar Cara Membulatkan Bilangan Desimal
“Kebakaran hutan yang terjadi di daerah Kalimantan Timur tahun 2019 mencapai seluas 6.715 hektar”
Apa kalian bisa membayangkan seberapa luas hutan kaliamantan yang terbakar yang diperkirakan mencapai 6,715 hektar? Kalian bisa membayang seberapa luasnya 6,715 hektar itu?
Tentunya akan sulit diyangkan yah, tapi kita bisa menaksirnya dengan cara dibulatkan
Apa kalian tahu cara membulatkan bilangan itu seperti apa?
Anak – anak membulatkan bilangan desimal itu bisa dibulatkan kebilangan satuan, sepersepuluh dan seperseratus ya, caranya adalah dengan menempatkan bilangan desimal pada garis bilangan
Ibu beri contoh misalnya 5,4 dibulatkan menjadi berapa?
Kita tempat 5,4 dalam gari bilanagn seperti diberikut
Angka 5,5 menjadi penengah. Perhatihan angka 5,4 lebih dekat ke angka 5,0 atau angka 6,0?
Angka 5,4 lebih dekat ke angka 5,0 ya anak – anak jadi pembulatan dari 5,4 = 5
Anak – anak apa kalian paham cara pembulatan bilangan desimal? Kalian ingat ingat saja ya
Bagaimana anak – anak sejauh ini apa ada yang belum paham?
Ya anak – anak pada intinya bilangan desimal itu adalah bilangan pecahan yang berpenyebut kelipatan 10 dan ditulis menggunakan tanda koma, bilangan desimal juga mudah ditemui dalam kehidupan sehari – hari kita.
Untuk melihat sejauh mana pemahaman kalian terkait materi yang sudah disampaikan tadi, ibu ingin kalian mengerjakan soal ini ya:
LEMBAR EVALUASI
Nama :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Berilah tanda (X) pada huruf a,b,c, atau d pada jawaban yang tepat!
Pecahan 15 apabila diubah ke bilangan desimal adalah ...
0,75
0,2
1
2,5
Hasil dari 34- 12 adalah ...
0,25
0,35
1,25
1,75
Hasil taksiran dari pecahan 23 + 113 adalah ...
12
0,75
2
134
Essay
Ani mempunyai tali berwarna merah dan biru. Panjang tali berwarna merah adalah 0,5 meter dan panjang tali berwarna biru adalah 1 meter. Panjang tali keseluruhan Ani adalah ...
Pak Putra membeli pizza dan dipotong menjadi 5 bagian yang sama besar. Lalu, membagikan setiap potongan pizza kepada anak-anaknya. Zara mendapatkan 2 bagian dan Icha mendapatkan 3 bagian. Anak Pak Putra yang mendapatkan potongan pizza paling sedikit adalah ...
Kegiatan Penutup
Nah bagaimana kegiatan pembelajaran tadi, apakah kalian senang?
Coba sekarang siapa yang berani menyebutkan tadi kita sudah belajar apa saja nih?
Sesuai dengan tema yang kita pelajari hari ini yaitu tentang kepedulian terhadap makhluk hidup. Ada yang berani gak nih untuk menyebutkan apa saja bentuk dari kepedulian kita terhadap sesama makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan dalam kehidupan sehari - hari?
Nah tadi juga kita sudah belajar mengenai bilangan pecahan dan decimal kan ya. Yang perlu kalian ingat intinya bilangan desimal itu adalah bilangan pecahan yang berpenyebut kelipatan 10 dan ditulis menggunakan tanda koma, bilangan desimal juga mudah ditemui dalam kehidupan sehari – hari kita, pengubahan bilangan pecahan kedalam bentuk bilangan desimal adalah untuk mempermudah pengoperasian bilangan lalu pengoperasian bilangan desimal dilakukan dengan cara pengurutan tanda koma dan menghitung angka yang tempatnya sama. Untuk pembulatan bilangan desimal dilakukan dengan cara melihat bilangan disebelah kanan koma, jika bilangan kurang dari 5 maka di bulatkan kebawah dan jika bilangan lebih dari 5 maka dibulatkan ke atas.
Selain itu, ibu juga mau mengingatkan kembali agar kita senantiasa untuk peduli terhadap sesama makhluk hidup baik hewan, tumbuhan maupun orang - orang di sekitar kita. Karena kita semua yang hidup di bumi memiliki keterkaitan dengan makhluk yang lainnya seperti pelajaran matematika yang tadi kita sudah pelajari antara bilangan pecahan dan bilangan desimal juga saling berkaitan kan. Lebih dari itu semua kia juga harus peka dan peduli dengan lingkungan sekitar kita dimana terdapat makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan yang perlu kita jaga dan lestarikan.
Untuk contohnya kita setiap hari pasti makan kan? Sedangkan sumber makanan kita berasal dari makhluk lain seperti tumbuh - tumbuhan (sayur, buah dll) dan hewan (daging ayam, telur, daging sapi dll). Maka sudah selayaknya kita harus menunjukkan kepedulian terhadap sesama makhluk hidup dan hal tersebut bisa dimulai dari kegiatan kita sehari - hari (seperti rajin menyiram tanaman, tidak menyiksa hewan dll).
Baiklah kalau begitu, untuk pelajaran hari ini kita cukupkan dulu yaaa. Ibu harap semua yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat yaa.
Sebelum berdo'a jangan lupa lihat dulu di sekeliling kalian ya, jika ada sampah jangan lupa diambil lalu dibuang. Kemudian rapikan kembali semua yang ada di sekitar kalian pastikan agar rapih dan bersih seperti sebelumnya.
Untuk menutup kegiatan hari ini, marilah kita berdoa. Berdo'a mulai (hening) selesai...
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar