Bahan Ajar Kelas 6 Tema 3 : Tokoh Penemuan Subtema 2 : Penemuan yang Mengubah Dunia

 Kegiatan Awal

Assalamu`alaikum wr. wb.

Selamat pagi anak-anak. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian sehat dan semangat selalu

Sebelum belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu.

Berdoa dimulai (berdoa) berdoa selesai.

Sekarang ibu cek kehadiran terlebih dahulu yaa (mengabsen)

Hari ini kita akan belajar Tema 3 “Tokoh Penemuan” dengan Subtema 2 “Penemuan yang Mengubah Dunia”.

Bagaimana anak-anak sudah siap belajar?

Sebelum belajar, ibu punya satu nyanyian nih. Ibu contohkan dahulu ya, nanti kita bernyanyi bersama.

(Nada: Lagu Anjing Kecil)

Aku punya benda bulat

Benda mudah bergerak

Aku punya benda bundar

Benda mudah bergerak

Bola.... (prok, prok, prok)

Kelereng.... (prok, prok, prok

Roda benda mudah bergerak

Bola.... (prok, prok, prok)

Kelereng.... (prok, prok, prok

Roda benda mudah bergerak....

Bisa, anak-anak?

Yuk kita nyanyikan bersama... (bernyanyi)

Gimana anak-anak? Sudah semakin semangat untuk belajar?

Coba lihat ke depan anak-anak. Perhatikan! Kira-kira ini gambar apa yah? (anak menjawab) pintar! Yah ini adalah gambar roda. Roda adalah salah satu penemuan yang mengubah dunia. Kenapa yah roda termasuk salah satu penemuan yang mengubah dunia? Ada yang tahu? (siswa menjawab) karena ditemukannya roda, kita dapat menggunakan kendaraan dengan mudah dan gampang. Roda juga sebagai jalan penemuan-penemuan lain ditemukan.

Ada yang tahu tidak roda berbentuk apa? (siswa menjawab) ya benar roda termasuk contoh bentuk lingkaran.

Hari ini kita akan mempelajari tentang benda-benda di sekitar kita yang berbentuk lingkaran beserta unsur-unsur lingkaran. Tujuan kita mempelajari lingkaran agar kita mengetahui benda apa saja yang berbentuk lingkaran, dan unsur-unsur lingkaran.

Kegiatan Inti
Anak-anak, ibu mau bertanya nih... bangun datar apa saja yang kalian ketahui?
Iya betul sekali, ada persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran dan lainnya.
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai lingkaran, ibu akan membagi kalian menjadi 3 kelompok (guru mengondisikan siswa untuk berkelompok).
Nah, coba anak-anak lihat ke gambar yang ibu pegang


Coba ada benda apa saja ya yang berbentuk lingkaran?
Iya betul, ada kipas angin, motif karpet, speaker radio, gambar planet pada pster, dan bantal.
Sekarang, diskusikan apa saja benda yang berbentuk lingkaran dengan teman kelompokmu lalu tulis di LKS yang ibu bagikan (guru membagikan LKS 1)

LKS 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI/I
Nama
Cara Pengerjaan : Diskusi 

  • Setelah melihat gambar tadi, tentu kamu sudah mengetahui bagaiman bentuk dari lingkaran. Nah sekarang coba kalian lihat sekeliling dan diskusikan dengan rekan kelompokmu dan tuliskan benda apa saja yang memiliki bentuk lingkaran pada tabel di bawah ini sebanyak yang kalian temukan!


Sudah anak-anak?
Sekarang ibu mau perwakilan dari setiap kelompoknya maju kedepan untuk menyebutkan apa saja benda berbentuk lingkaran yang ada di sekitar.
Kita mulai dari kelompok 3 yaa..
Perwakilah dari kelompok 3, boleh maju kedepan yaa..
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 3 (tepuk tangan)
Sekarang erwakilah dari kelompok 1, yuk maju kedepan...
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 1 (tepuk tangan)
Nah yang terakhir, perwakilah dari kelompok 2, ayo maju kedepan...
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 2 (tepuk tangan)
Wah hebat ya anak-anak ibu… tepuk tangan untuk semuanya! (tepuk tangan)
Bagaimana anak-anak, ada yang ingin ditanyakan atau yang belum dimengerti?
(Sesi tanya jawab)
Jadi anak-anak, tadi sudah betul ya jawabannya mengenai benda berbentuk lingkaran disekitar kita. Ada apa saja tadi? Iya betul ada roda, jam dinding, piring, meja dan masih banyak lagi.
Sekarang kita lanjutkan diskusi kelompoknya anak-anak. Kita akan menonton sebuah video, lalu setelah menonton, LKS 2 bagian 1 nya dikerjakan yaa..

LKS 2
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : VI/I
Nama                       :


Bagian I
  1. Perhatikan video yang ditayangkan
  2. Isilah peta pikiran dibawah ini dengan pengertian dari setiap judul dalam kotak

Sudah selesai anak-anak? 
Nah, sekarang saatnya mempresentasikan hasil diskusi kalian. 
Kita mulai dari kelompok 1 yaa..
Perwakilah dari kelompok 1, boleh maju kedepan yaa..
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 1 (tepuk tangan)
Sekarang perwakilah dari kelompok 2, yuk maju kedepan...
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 2 (tepuk tangan)
Nah yang terakhir, perwakilah dari kelompok 3, ayo maju kedepan...
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 3 (tepuk tangan)
Wah hebat! Pertahankan ya anak-anak kerja samanya…
Masih semangat anak-anak? Coba ibu cek…
Tepuk Semangat!
Prok, prok, prok “se”
Prok, prok, prok “ma”
Prok, prok, prok “ngat”
“Seeeeemangat!”

Hebat, masih semangat ya semuanya…
Sekarang, kita lanjut ya ke LKS 2 bagian 2 yaa. Disini ibu punya LKS dan di LKS tertulis alat-alat yang dibutuhkan. Ada kerta, gunting dan lain-lain. Tiap perwakilan kelompok maju ambil alat-alat yah.

Bagian 2
Alat dan Bahan :
  • Kertas 
  • Gelas plastik 
  • Pensil
  • Gunting
  • Penggaris 
Langkah-langkah : 
1. Ambilah gelas plastik, kemudian jiplaklah benda tersebut pada kertas.



2. Guntinglah kertas tersebut 
3. Lipatlah lingkaran tersebut menjadi 2 bagian yang sama besar 

4. Lipatlah kembali lipatan tersebut menjadi 2 bagian yang sama besar 

5. Berilah tanda untuk titik yang berada di tengahnya. Dan berilah tanda huruf O pada titik tersebut 

6. Berilah tanda dengan huruf A,B,C dan D pada ujung hasil lipatan 

7. Ukurlah jarak titik pusat lingkaran dengan titik A,B,C, dan D menggunakan penggaris

Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berapa jarak titik pusat lingkaran dengan titik A,B,C, dan D? apakah panjangnya sama besar?
  2. Apa yang dapat kamu simpulkan? 
  3. Pesentasikan di depan kelas dan tunjukan mana saja bagian-bagian dari lingkaran (titik pusat, diameter, dan jari-jari)
Sudah selesai anak-anak? Sekarang tiap kelompoknya maju ke depan untuk menunjukkan hasil gambar dan bagian lingkarannya ya..
Kita mulai dari kelompok 2 yaa..
Kelompok 2, boleh maju kedepan yaa..
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 2 (tepuk tangan)
Sekarang  kelompok 3, yuk maju kedepan...
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 3 (tepuk tangan)
Nah yang terakhir, dari kelompok 1, ayo maju kedepan...
(presentasi)
Tepuk tangan untuk kelompok 1 (tepuk tangan)
Wah hebat! Tepuk tangan yang meriah untuk kita semua (tepuk tangan)
Gambar lingkaran 
Jadi anak-anak, lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk kurva tertutup dan jarak setiap titik pada kurva dengan satu titik tertentu sama. Titik tersebut dinamakan titik pusat lingkaran. Atau lingkaran juga dapat dikatakan sebagai kumpulan titik yang mempunyai jarak sama terhadap suatu titik tertentu (disebut titik pusat). Jarak tertentu tersebut dinamakan jari-jari. Lingkaran merupakan bangun datar dua dimensi. Lingkaran adalah kumpulan dari titik – titik yang membentuk sebuah lengkungan yang mempunyai panjang yang sama terhadap titik pusat lingkaran.
Sebuah lingkaran pasti memiliki unsur-unsur atau beberapa bagian-bagian didalamnya, yaitu diamter, titik pusat, jari-jari, juring dan lain-lain. Terdapat 10 unsur di dalam lingkaran yaitu:
  1. Titik pusat lingkaran 
     
    Titik pusat lingkaran adalah titik yang ada tepat di tengah-tengah lingkaran sebagai pusatnya
  2. Jari-jari lingkaran 
     
    Jari-jari lingkaran adalah sebuah garis yang menghubungkan antara titik pusat dengan titik lengkung pada keliling lingkaran. Umumnya jari-jari lingkaran ini disimbolkan dengan simbol r.
  3. Diameter lingkaran 
     
    Diameter adalah tali busur yang melalui titil tengah lingkaran atau bisa juga dikatakan Diameter lingkaran adalah sebuah garis panjang lurus yang menghubungkan antara dua titik pada keliling lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran. Dapat disimpulkan bahwa panjang diameter adalah dua kali lipat panjang jari-jari lingkaran. Diameter lingkaran sering disimbolkan dengan d atau D.
  4. Tali busur lingkaran 
     
    Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran, namun tidak melalui titik pusat lingkaran. Hal ini agak berbeda dengan diameter yang garisnya melalui titik pusat.
  5. Juring lingkaran 
     
    Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua garis jari-jari dan dibatasi oleh sebuah busur lingkaran yang letaknya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut. Juring lingkaran juga dibagi menjadi dua, yaitu juring kecil dan juring besar. 
  6. Tembereng lingkaran 
     
    Tembereng lingkaran adalah luas daerah yang berada di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busur lingkaran.
  7. Apotema lingkaran 
     
    Apotema lingkaran adalah jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran. Garis apotema umumnya berada tegak lurus dengan tali busur.
  8. Busur lingkaran 
     
    Busur lingkaran adalah garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran. Busur pada lingkaran dibagi menjadi dua, yaitu busur besar dan busur kecil. Disebut sebagai busur besar jika panjangnya lebih dari setengah lingkaran, sedangkan busur kecil jika panjangnya kurang dari setengah lingkaran.
  9. Sudut pusat lingkaran 
     
    Sudut pusat lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk dari perpotongan antara dua buah jari-jari yang ada di titik pusat lingkaran.
  10. Sudut keliling lingkaran 
      
    Sudut keliling lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran.
Sekarang, ibu ingin tahu sejauh mana pemahaman kalian nih… yuk kerjakan soal yang akan ibu bagikan ini ya anak-anak.

LEMBAR EVALUASI
A. Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? Mengapa benda-benda tersebut memiliki berbentuk lingkaran


B. Ayo Jawab Pertanyaan Berikut!
  1. Salah satu bangun datar yang merupakan kumpulan titik-titik yang jaraknya sama pada titik pusat tertentu adalah...

    2. Perhatikan lingkaran dibawah ini
        
        Titik A bisa disebut sebagai...
    3. Jari-jari lingkaran adalah....
    4. Bagian yang diarsir pada gambar bisa disebut dengan... 
        
    5. Bagian yang diarsir pada gambar bisa disebut dengan... 
         
    6. Garis pendek penghubung antara titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran disebut...
    7. Garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran adalah...
    8. Garis yang ada didalam lingkaran disebut dengan... 
        
    9. Garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran adalah...
    10. Sudut yang terbentuk dari perpotongan antara dua buah jari-jari yang ada di titik pusat lingkaran

Kegiatan Penutup
Bagaimana anak-anak? Sudah paham mengenai lingkaran beserta unsur-unsurnya?
Sekarang, kita simpulkan yuk apa saja ya yang kita dapat pada pembelajaran hari ini?
Ada yang bisa menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran? (missal andi menjawab) iya andi silahkan.
Iya benar benda bentuk lingkaran itu. ……
Ada yang mau menunjukkan dan menjelaskan unsur-unsur lingkaran itu apa saja yah? (siswa mengacungkn tangan) 
Iya benar unsur-unsur lingkaran itu, ……….
Bagaimana pembelajaran hari ini? Apabila kalian menyukai pembelajarannya, silakan kirim emoticon senyum “J” di kolom komentar. Apabila tidak suka, silakan kirim emoticon sedih “L” beserta alasan mengapa kalian tidak suka pembelajaran hari ini… 
Sebelum mengakhiri pembelajaran, kita tutup dengan membaca doa ya anak-anak.
Berdoa dimulai…. (berdoa) berdoa selesai
Sekian pembelajaran hari ini. Kalian semua hebat!
Tetap semangat belajar dan  menjaga kesehatan serta kebersihan ya…
Terima kasih kepada orang tua murid yang telah bersedia membimbing anak-anaknya untuk belajar dan terima kasih murid-murid semua. Sampai bertemu di pembelajaran berikutnya.
Wassalamu`alaikum wr. wb.



Komentar