Kegiatan Awal
Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat Pagi anak-anak? Bagaimana kabar kalian hari ini? sehat semua ya.
Sebelum belajar, mari kita berdoa terlebih dahulu ya.
Ayo disini siapa yang berani memimpin doa? nah karena tidak ada yang bersedia, boleh nih ketua murid yang memimpin teman-temannya untuk berdoa.
Berdoa dimulai (hening sejenak) Selesai.
Bagaimana, sudah siap belajar hari ini?
Sebelum kita belajar, bapa/ibu/kakak ingin melihat semangat dari anak-anak, kalau bapa/ibu/kakak katakan semangat pendidikan maka teman-teman jawab siap juara.
Ternyata semangat semua ya teman-teman.
Baiklah sebelum berlanjut, bapa/ibu/kakak ingin mengingatkan bahwa buku tugas dan dan buku catatan serta alat tulis kalian sudah siap ya.
Jangan lupa siapkan juga buku matematika ya.
Sebelum belajar, mari kita main game bersama terlebih dahulu.
fasilitator
|
Peserta didik
|
Sikap pohon jambu
|
“Hap” sambil menaruh tangannya di pinggang.
|
Aku pohon jambu tinggi dan rindang
Ini batangngku dan ini daunku
Jika tumbang ke kanan “krek-krek-krek”
Jika tumbang ke kiri “krek-krek-krek”
Jika tumbang ke depan “krek-krek-krek”
Jika tumbang ke belakang “krek-krek-krek”
-diulangi sampai 3kali-
|
Mengikuti gerakan fasilitator.
|
Hari ini kita akan belajar Matematika, materinya yaitu tentang kecepatan.
Pertama-tamakita akan melakukan simulasi, diharapkan dengan melakukan simulasi tersebut anak-anak dapat membandingkan besaran panjang dan waktu secara tertulis. Kemudian nanti kita akan menonton sebuah tayangan video mengenai permasalahan di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kecepatan. Dengan menonton sebuah tayangan video tersebut anak-anak diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kecepatan secara tertulis. Kemudian yang terakhir akan ada lembar evaluasi, yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai materi hari ini.
Kegiatan Inti
Baiklah kembali ke laptop ya anak-anak, sekarang bapa akan menunjukan alat-alat yang akan kita gunakan untuk simulasi.
Nah, alat yang pertama apa coba? (dilihatkan alatnya) ya betul ini adalah bola dan berjumlah sebanyak dua buah, kemudian alat yang kedua adalah meteran atau penggaris.
Sebelum kita lanjut, bapa ingin bertanya dulu nih, dengan alat-alat yang ada di depan, apakah materi yang akan dipelajari? Mengenai kecepatan atau debit? (kemudian murid menjawab) mantap sekali anak-anak, hari ini kita akan mempelajari mengenai kecepatan.
Okai anak-anak, supaya lebih efektif mari kita membuat sebanyak dua kelompok. (sudah terbentuk dua kelompok) Good job anak-anak, sekarang ada kelompok satu dan kelompok dua.
Anak-anak, bapa akan membagikan LKPD setiap kelompoknya ya, LKPD ini berisikan laporan simulasi yang mencakup judul, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, hasil percobaan dan kesimpulan.
Yuu kita baca terlebih dahulu mengenai LKPD yang telah bapa bagikan. (murid membaca LKPD)
Apakah ada yang mau ditanyakan anak-anak, tentang langkah-langkah LKPD yang telah bapa bagikan? Karena tidak ada yang bertanya, sekarang mari kita melakukan simulasi dalam mencari kecepatan.
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Kelompok :
Nama : 1.
2.
3.
Laporan
Simulasi
Judul Kegiatan
|
Simulasi mencari perbandingan
panjang dan waktu.
|
Tujuan Kegiatan
|
|
Alat dan Bahan
|
|
Langkah – Langkah Kegiatan
|
1. Buatlah garis sepanjang 1 meter.
2. Beri tanda start
dan finish.
3. Siapkan bola di
garis start dan siapkan stopwatch.
4. Gelindingkan bola
sampai garis finish.
5. Ukur waktu tempuh
bola menggunakan stopwatch.
6. Lakukan percobaan
sebanyak 2 kali.
|
Hasil Percobaan
|
|
Kesimpulan
|
|
Anak-anak, Alhamdulillah kita telah melaksanakan simulasi dalam mencari kecepatan. Selanjutnya, anak-anak dapat mengisi LKPD yang tadi telah dibagikan.
---anak-anak mengisi LKPD yang telah dibagikan---
Mantap anak-anak, karena setiap kelompok sudah mengerjakan sekarang waktu yang pas untuk setiap kelompok mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan. Siapa yang mau mempresentasikannya duluan? Iya silahkan kelompok satu, setelah kelompok satu lanjut ke kelompok dua ya.
---presentasi setiap kelompok---
MasyaAllah, setiap kelompok telah mempresentasikan hasil simulasi yang sangat luar biasa. Sekarang giliran bapa yang akan menjelaskan mengenai mengisi yang telah kita kerjakan bersama,Baiklah anak-anak sekalian, setelah kita melaksanakan simulasi yang begitu sangat luar biasa. Maka, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kecepatan berbanding lurus dengan jarak dan berbanding terbalik dengan waktu. Semakin besar kecepatan yang digunakan maka akan semakin sebentar waktu yang perlu ditempuh.
Alhamdulillah kita telah membahas semuanya, sekarang sesuai dengan janji bapak kita akan menyaksikan sebuah tayangan video. Silahkan anak-anak simak ya.
Baiklah kita ulas kembali dari video tersebut, bahwa secara tidak langsung kita dapat menemukan berbagai macam keterkaitan antara permasalahan di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kecepatan. Apabila kita sedang melakukan perjalanan yang sangat jauh dan kita penasaran dengan kecepatan yang kita tempuh, maka kita telah mengetahui mengenai rumus mengenai kecepatan. Semoga ilmu ini dapat bermanfaat ya untuk anak-anak, selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu berbagi mengenai ilmu yang telah kita dapat.
Sebelum kita pulang, bapa akan memberikan lembar evaluasi yang berisi tentang pemecahan masalah mengenai kecepatan. Silahkan anak-anak isi dengan jujur ya, selamat mengerjakan.
---murid mengerjakan lembar evaluasi---
Nama :
kelas:
1. Jelaskan perbandingan antara besaran panjang
dan waktu melalui
tabel di bawah ini !
Benda
|
Jarak
|
Waktu
|
Motor A
|
75 Km
|
3 Jam
|
Motor B
|
75 Km
|
5 Jam
|
2. Jarak
kota Yogyakarta sampai Semarang adalah 60Km. Doni sampai ke tempat tujuan dalam waktu 4 jam. Berapakah kecepatan yang ditempuh Doni dalam perjalanan tersebut.
3. Sebuah
mobil bergerak dengan kecepatan 37Km/jam. Waktu yang diperlukan mobil untuk
sampai tujuan adalah 2 jam. Berapakah jarak yang ditempuh mobil tersebut?
Baik Anak Anak setelah selesai mengerjakan evaluasi kita akan menyimpulkan beberapa Pembahasan kita hari ini Kecepatan adalah besarnya jarak atau panjang lintasan di bagi dengan waktu. Pada materi ini untuk menentukan jarak, waktu dan kecepatan dapat diketahui dengan menggunakan rumus:
Jarak = Kecepatan x Waktu
Waktu = Jarak : Kecepatan
Kecepatan = Jarak : Waktu
kecepatan berbanding lurus dengan jarak dan berbanding terbalik dengan waktu. Semakin besar kecepatan yang digunakan maka akan semakin sebentar waktu yang perlu ditempuh. Untuk materi Di pertemuan selanjutnya Anak Anak bisa menyiapkan materi tentang Perbandingan Volume dengan waktu.
Mungkin cukup sekian untuk pembelajaran hari ini Tetap semangat, rajin belajar, jaga kesehatan dan kebersihan. Karena kalian anak-anak hebat. Terima kasih murid-murid semuanya, sampai dipembelajaran berikutnya ya. Sebelum pulang bisa berdoa terlebih dahulu, untuk ketua kelas bisa pimpin doa bersama-sama (…….Do’a. ……..) Kalian bisa langsung pulang, Hati-hati dijalan dan sekali lagi jaga terus kesehatan dan kebersihan terimakasih.
Komentar
Posting Komentar