Bahan Ajar Kelas 6 CBI
Kesenian
Kegiatan Awal
Assalamu`alaikum
wr. wb.
Selamat
pagi anak-anak. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian sehat dan selalu
semangat.
Sebelum
belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu.
Berdoa
dimulai (berdoa) berdoa selesai.
Sekarang
kita cek kehadiran terlebih dahulu yaa. Coba tengok kanan dan kirinya,
kira-kira ada yang tidak masuk tidak yah? Bagus! Alhamdulillah semuanya hadir.
Disini
ada yang cita-citanya menjadi penyanyi?
Ada
yang tahu lagu daerah jawa barat itu apa saja? (tokecang, es lilin, manuk
dadali)
Ada
yang bisa lagu tokecang dan mau memimpin teman-temannya untuk menyanyi di
depan? (anak mengacungkan tangan), bagus Dina, ayo maju!
Ayo
Dina contohkan dulu, nanti setelah dina teman-teman mengikuti
(anak-anak
bernyanyi bersama)
Tokecang
Tokecang
tokecang bala gendir tosblong
Angeun
kacang angeun kacang sapependil kosong..
Aya
listrik di masigit meuni caang katingalna
Aya
istri jangkung alit karangan dina pipina
Tokecang
tokecang bala gendir tosblong
Angeun
kacang angeun kacang sapependil kosong.
Bagus!
Ok Dina, terimakasih, silahkan duduk kembali.
Hari
ini kita akan belajar kesenian mengenai irama, ritme, birama dan lagu daerah.
Tujuan dari pembelajaran hari ini agar kalian dapat menyanyikan lagu daerah
dengan alat music sederhana sebagai pengiringnya. Nah dengan mempelajari ini,
kalian yang memiliki kegemaran bernyanyi atau yang cita-citanya menjadi musisi,
bisa menyalurkannya.
Kegiatan Inti
Anak-anak
kita mulai pembelajaran. Ada yang tahu music itu apa? Music itu merupakan
bahasa ekspresi. Alat music dibagi menjadi 2 macam yaitu alat music melodis dan
alat music ritmis. Ada yang tahu apa itu alat music melodis dan alat music
ritmis?
Pada
pembelajaran kali ini, kita akan lebih fokus mempelajari alat music. Nah dalam
belajar alat music ini ada istilah irama dan birama. Ada yang tahu apa itu
irama dan birama?
(siswa
menjawab)
·
Irama atau ritme,
teratur mengalir karena munculnya aksen secara tetap. Keindahan irama akan
lebih terasa karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi. Ritme
merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti beberapa variasi gerak
melodi. Ritme dapat kita rasakan dengan cara mendengarkan sebuah lagu secara
berulang-ulang. Pola irama pada musik dapat membedakan perasaan tertentu karena
pada hakikatnya irama adalah gerak yang menggerakkan perasaan dan erat
hubungannya dengan gerak fisik. Ritme sederhana apabila kita dengarkan
berulang-ulang akan membawa efek hipnotis. Dengan efek tersebut, ritme dianggap
sebagai detak jantung musik, sedangkan ketukan menandakan adanya kehidupan
dalam musik. Lagu Nusantara memiliki irama yang khas, masing-masing timbul dari
cara memainkan alat musik, khususnya perkusi. Tiap daerah di Indonesia memiliki
aneka ragam dan corak dalam memainkan alat musik.
·
Birama, ketukan dalam
musik yang dinyatakan dalam angka pecahan. Tiap birama dalam musik mempunyai
tekanan suara yang teratur yang disebut arsis dan aksen. Arsis adalah birama
yang ringan. Aksen adalah birama yang kuat. Birama terdiri atas beraneka macam,
di antaranya birama 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8.
Sekarang
perhatikan! Ibu punya lagu daerah berjudul pileuleuyan. Simak lagu ini
setelahnya kita nyanyikan bersama.
(mendengarkan
lagu pileuleuyan)
Nah
sekarang kita nyanyikan bersama-sama.
(menyanyikan
lagu bersama-sama)
Nah
dalam lagu pileuleuyan itu ada yang dinamakan ketukan atau yang biasa disebut
birama.
Nah
sekarang ibu punya botol kaca dan gallon yang akan digunakan sebagai alat music
ritmis.
Kalian
dibagi ke dalam 4 kelompok (menyesuaiakan)
Sudah
berkumpul dengan kelompoknya? Silahkan perwakilan kelompok ambil botol dan
galonnya.
Sudah
ada semua botol dan galonnya tiap kelompoknya? (sudah) ok bagus.
Sekarang
ibu contohkan yang memegang botol kaca ketukannya 1 ¼ sedangkan yang memegang
gallon ketukannya 1.
Sekarang
mulailah berlatih untuk mengiringi lagu pileuleuyan yang nanti akan dinyanyikan
oleh kelas 5, nanti digabuung. Kalian yang alat music, mereka yang bernyanyi.
Ibu
beri waktu berlatih 15 menit (siswa berlatih, dan guru mengunjungi tiap
kelompok untuk melihat progress)
Selanjutnya
kita ke kelas 5 untuk berlatih bersama.
Sudah
bersama kelompoknya? Ok kalau sudah, silahkan berlatih dengan alat music dan
irama nya. Ibu beri waktu 15 menit.
(siswa
kelas 5 dan 6 berlatih)
Waktu
latihan sudah habis. Silahkan tenang dan menonton penampilan masing-masing
kelompoknya.
Yah
silahkan untuk kelompok 1.
Bagus!
Tepuk tangan.
Yah
silahkan untuk kelompok 2.
Keren!
Tepuk tangan.
Yah
silahkan untuk kelompok 3 .
Mantap!
Tepuk tangan.
Yah
silahkan untuk kelompok 4.
Bagus
sekali! Tepuk tangan
Tepuk
tangan untuk kita semua.
Oke
kembali ke tempat duduk masing-masing.
(evaluasi
sudah dilakukan disaat penampilan)
EVALUASI
Sekarang
ibu ingin bertanya, tadi kita sudah belajar apa saja yah?
Pintar!
Ada lagi?
Ada
yang bisa menjelaskan birama dan irama itu apa?
Pintar.
Yah birama adalah ketukan…. Dan irama adalah….
Jadi
ada yang bisa menyimpulkan pemebalajran hari ini?
Yah
benar, jadi kesimpulannya…..
Untuk
pertemuan selanjutnya kita akan belajar tentang….
Sekarang
ibu ingin bertanya bagaimana kesan kalian terhadap pembelajaran hari ini. Siapa
yang mau berpendapat? Bagus. Iya.
Sebelum mengakhiri pembelajaran,
kita tutup dengan membaca doa ya anak-anak.
Berdoa dimulai…. (berdoa) berdoa
selesai
Sekian pembelajaran hari ini. Kalian
semua hebat!
Tetap semangat belajar dan menjaga kesehatan serta kebersihan ya…
Terima
kasih kepada orang tua murid yang telah bersedia membimbing anak-anaknya untuk
belajar dan terima kasih murid-murid semua. Sampai bertemu di pembelajaran
berikutnya.
Wassalamu`alaikum
wr. wb.
Komentar
Posting Komentar