Bahan Ajar Kelas 6 Kesenian Bernyanyi

 

Bahan Ajar Kelas 6 CBI Kesenian

Kegiatan Awal

Assalamu`alaikum wr. wb.

Selamat pagi anak-anak. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian sehat dan selalu semangat.

Sebelum belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu.

Berdoa dimulai (berdoa) berdoa selesai.

Sekarang kita cek kehadiran terlebih dahulu yaa. Coba tengok kanan dan kirinya, kira-kira ada yang tidak masuk tidak yah? Bagus! Alhamdulillah semuanya hadir.

Disini ada yang cita-citanya menjadi penyanyi?

Ada yang tahu lagu daerah jawa barat itu apa saja? (tokecang, es lilin, manuk dadali)

Ada yang bisa lagu tokecang dan mau memimpin teman-temannya untuk menyanyi di depan? (anak mengacungkan tangan), bagus Dina, ayo maju!

Ayo Dina contohkan dulu, nanti setelah dina teman-teman mengikuti

(anak-anak bernyanyi bersama)

Tokecang

Tokecang tokecang bala gendir tosblong

Angeun kacang angeun kacang sapependil kosong..

 

Aya listrik di masigit meuni caang katingalna

Aya istri jangkung alit karangan dina pipina

 

Tokecang tokecang bala gendir tosblong

Angeun kacang angeun kacang sapependil kosong.

 

Bagus! Ok Dina, terimakasih, silahkan duduk kembali.

Hari ini kita akan belajar kesenian mengenai irama, ritme, birama dan lagu daerah. Tujuan dari pembelajaran hari ini agar kalian dapat menyanyikan lagu daerah dengan alat music sederhana sebagai pengiringnya. Nah dengan mempelajari ini, kalian yang memiliki kegemaran bernyanyi atau yang cita-citanya menjadi musisi, bisa menyalurkannya.

 

Kegiatan Inti

Anak-anak kita mulai pembelajaran. Ada yang tahu music itu apa? Music itu merupakan bahasa ekspresi. Alat music dibagi menjadi 2 macam yaitu alat music melodis dan alat music ritmis. Ada yang tahu apa itu alat music melodis dan alat music ritmis?

Pada pembelajaran kali ini, kita akan lebih fokus mempelajari alat music. Nah dalam belajar alat music ini ada istilah irama dan birama. Ada yang tahu apa itu irama dan birama?

(siswa menjawab)

·         Irama atau ritme, teratur mengalir karena munculnya aksen secara tetap. Keindahan irama akan lebih terasa karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi. Ritme merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti beberapa variasi gerak melodi. Ritme dapat kita rasakan dengan cara mendengarkan sebuah lagu secara berulang-ulang. Pola irama pada musik dapat membedakan perasaan tertentu karena pada hakikatnya irama adalah gerak yang menggerakkan perasaan dan erat hubungannya dengan gerak fisik. Ritme sederhana apabila kita dengarkan berulang-ulang akan membawa efek hipnotis. Dengan efek tersebut, ritme dianggap sebagai detak jantung musik, sedangkan ketukan menandakan adanya kehidupan dalam musik. Lagu Nusantara memiliki irama yang khas, masing-masing timbul dari cara memainkan alat musik, khususnya perkusi. Tiap daerah di Indonesia memiliki aneka ragam dan corak dalam memainkan alat musik.

·         Birama, ketukan dalam musik yang dinyatakan dalam angka pecahan. Tiap birama dalam musik mempunyai tekanan suara yang teratur yang disebut arsis dan aksen. Arsis adalah birama yang ringan. Aksen adalah birama yang kuat. Birama terdiri atas beraneka macam, di antaranya birama 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8.

Sekarang perhatikan! Ibu punya lagu daerah berjudul pileuleuyan. Simak lagu ini setelahnya kita nyanyikan bersama.

(mendengarkan lagu pileuleuyan)

Nah sekarang kita nyanyikan bersama-sama.

(menyanyikan lagu bersama-sama)

Nah dalam lagu pileuleuyan itu ada yang dinamakan ketukan atau yang biasa disebut birama.

Nah sekarang ibu punya botol kaca dan gallon yang akan digunakan sebagai alat music ritmis.

Kalian dibagi ke dalam 4 kelompok (menyesuaiakan)

Sudah berkumpul dengan kelompoknya? Silahkan perwakilan kelompok ambil botol dan galonnya.

Sudah ada semua botol dan galonnya tiap kelompoknya? (sudah) ok bagus.

Sekarang ibu contohkan yang memegang botol kaca ketukannya 1 ¼ sedangkan yang memegang gallon ketukannya 1.

Sekarang mulailah berlatih untuk mengiringi lagu pileuleuyan yang nanti akan dinyanyikan oleh kelas 5, nanti digabuung. Kalian yang alat music, mereka yang bernyanyi.

Ibu beri waktu berlatih 15 menit (siswa berlatih, dan guru mengunjungi tiap kelompok untuk melihat progress)

Selanjutnya kita ke kelas 5 untuk berlatih bersama.

Sudah bersama kelompoknya? Ok kalau sudah, silahkan berlatih dengan alat music dan irama nya. Ibu beri waktu 15 menit.

(siswa kelas 5 dan 6 berlatih)

Waktu latihan sudah habis. Silahkan tenang dan menonton penampilan masing-masing kelompoknya.

Yah silahkan untuk kelompok 1.

Bagus! Tepuk tangan.

Yah silahkan untuk kelompok 2.

Keren! Tepuk tangan.

Yah silahkan untuk kelompok 3 .

Mantap! Tepuk tangan.

Yah silahkan untuk kelompok 4.

Bagus sekali! Tepuk tangan

Tepuk tangan untuk kita semua.

Oke kembali ke tempat duduk masing-masing.

(evaluasi sudah dilakukan disaat penampilan)

EVALUASI

Sekarang ibu ingin bertanya, tadi kita sudah belajar apa saja yah?

Pintar! Ada lagi?

Ada yang bisa menjelaskan birama dan irama itu apa?

Pintar. Yah birama adalah ketukan…. Dan irama adalah….

Jadi ada yang bisa menyimpulkan pemebalajran hari ini?

Yah benar, jadi kesimpulannya…..

Untuk pertemuan selanjutnya kita akan belajar tentang….

Sekarang ibu ingin bertanya bagaimana kesan kalian terhadap pembelajaran hari ini. Siapa yang mau berpendapat? Bagus. Iya.

Sebelum mengakhiri pembelajaran, kita tutup dengan membaca doa ya anak-anak.

Berdoa dimulai…. (berdoa) berdoa selesai

Sekian pembelajaran hari ini. Kalian semua hebat!

Tetap semangat belajar dan  menjaga kesehatan serta kebersihan ya…

Terima kasih kepada orang tua murid yang telah bersedia membimbing anak-anaknya untuk belajar dan terima kasih murid-murid semua. Sampai bertemu di pembelajaran berikutnya.

Wassalamu`alaikum wr. wb.







Komentar