Bahan Ajar dan Evaluasi Kelas 6 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3: Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Kegiatan Awal

Assalamu`alaikum wr. wb.

Selamat pagi anak-anak. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian sehat dan semangat.

Sebelum belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu.

Berdoa dimulai (berdoa) berdoa selesai.

Sekarang ibu/bapak cek kehadiran terlebih dahulu yah. (mengabsen)

Sudah siap belajar hari ini, anak-anak?

Sebelum memulai pembelajaran, kita “tepuk 1, 2, 3” dahulu yuk!

Ketika ibu bilang “tepuk 1”, kalian tepuk tangan satu kali (memperagakan).

Ketika ibu bilang “tepuk 2”, kalian tepuk tangan dua kali (memperagakan).

Ketika ibu bilang “tepuk 3”, kalian tepuk tangan satu kali sembari berteriak “hey” (memperagakan).

Ayo sekarang, kita coba ya…

Tepuk 1! (prok)

Tepuk 2! (prok, prok)

Tepuk 3! (prok+hey!)

Tepuk 1, 2, 3! (prok, prok, prok, prok+hey)

Tepuk 3, 2, 1! (prok+hey, prok, prok, prok)

Tepuk 3, 3, 3! (prok+hey, prok+hey, prok+hey)

Tepuk 3, 1, 2, 3, 1, 1, 2, 3 (Tertawa bersama)

Bagaimana anak-anak? Sudah bertambah semangatnya? Yuk kita mulai pembelajaran hari ini…

Hari ini kita akan belajar Tema 1 “Selamatkan Makhluk Hidup” dengan subtema 3 “Ayo selamatkan Hewan dan Tumbuhan”.

Tujuan dari kita belajar tentang selamatkan hewan dan tumbuhan yaitu agar kita dapat melestarikan hewan dan tumbuhan dari kepunahan dengan cara mengetahui perkembang biakannya yang kemudian akan berguna bagi kita saat ini dan masa depan.

Coba lihat gambar yang ibu bawa


kira-kira disekitar kita ada macan tidak ya?

Benar tidak ada.

Kalau hewan ini ada disekitar kita tidak ya?


Hmm… Iya benar tidak ada.

Gambar yang ibu tunjukkan adalah gambar-gambar hewan langka dan dilindungi.

Ada yang bisa menyebutkan lagi selain yang ibu tunjukkan ada hewan apa lagi yang langka?

 

Kegiatan Inti

Anak-anak, mengapa ya hewan dan tumbuhan bisa mengalami kelangkaan? Pastinya ada banyak penyebab yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Apa saja sih penyebabnya itu?

Anak-anak sekarang perhatikan ibu, ibu punya lembar kerja siswa yang akan dikerjakan perkelompok. Kelompok 1 (…,…,…) dst.

Untuk perwakilan kelompoknya, bisa ambil LKS ke depan.

Materi tentang penyebab kepunahan hewan dan tumbuhan:

1.      Kerusakan habitat

Kerusakan habitat merupakan faktor penting penyebab kelangkaan yang dapat berujung pada kepunahan. Spesies yang habitatnya rusak tidak memiliki tempa tuntuk mencari makan, berkembang biak dan tinggal. Kerusakan habitat ini sering diakibatkan oleh manusia. Misalnya, pembalakan liar hutan untuk perkebunan atau persawahan akan menyebabkan hewan di hutan kehilangan tempat tinggalnya. Perubahan hutan di Sumatera untuk perkebunan sawit menyebabkan terancam punahnya harimau Sumatera dan batak Sumatera.

2.      Perburuan illegal

Perburuan liar (illegal) adalah aktivitas manusia lain yang dapat menyebabkan hewan menjadi langka dan punah. Manusia memburu binatang liar untuk diambil bulu, kulit, gading atau culanya, yang dijual dengan harga mahal. Perburuan ini menyebabkan banyak hewan liar yang mati dan terancam punah.

3.      Penyakit

Adanya wabah penyakit juga dapat menyebabkan langkanya suatu spesies, terutama bila spesies tersebut tidak memiliki kekebalan terhada penyakit itu.

4.      Adanya spesies infasif

Adanya spesies infasif, yaitu spesies baru yang dibawa ke suatu habitat, dapat menyebabkan berkurangnya populasi spesies asli. Misalnya, banyak spesies burung di pulau-pulau kecil yang punah akibat masuknya kucing dan tikus di pulau tersebut akibat aktivitas manusia.

5. Perubahan iklim

Perubahan iklim, yang disebabkan oleh pemanasan global menjadi tantangan lain bagi pelestarian flora dan fauna. Perubahan iklim membuat suhu, curah hujan, dan cuaca menjadi tidak menentu. Ini menjadi ancaman kepunahan bagi spesies yang tidak dapat beradaptasi.

6. Bencana alam

Bencana alam, seperti gunung meletus, banjir, dan kebakaran hutan dapat menyebabkan kepunahan, terutama pada spesies endemik yang hanya hidup di suatu tempat saja. Contoh gambar:

 




(guru berkeliling memantau kerja kelompok)

(setelah waktu diskusi selesai) waktu diskusi sudah selesai. Setiap perwakilan kelompoknya maju ke depan membacakan hasil diskusi.

(masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi) ada yang ingin berpendapat  atau berkomentar mengenai hasil diskusi kelompok 1? (dst)

Iya benar, seperti yang sudah disampaikan kelompoknya masing-masing bahwa hewan dan tumbuhan mengalami kepunahan karena hutan musnah sehingga mereka tidak memiliki tempat tinggal lagi dan terjadilah kepunahan. Karena banyak pohon ditebang maka kita akan mengalami banyak kerugian, kita kekurangan oksigen, bisa terjadi banjir, tanah longsor, dll.

Bagaimana cara melestarikan tumbuhan dan hewan agar tidak terancam punah? Kita bisa melakukan kegiatan pembudidayaan hewan/tumbuhan yang langka dan menyebarkan pesan untuk tidak melakukan pemburuan liar. Apa saja manfaat dari menjaga Hewan dan Tumbuhan bagi kehidupan:

1. Menjaga sumber makanan dan kebutuhan pokok bagi manusia

2. Menjaga kesuburan tanah

3. Mencegah terjadinya bencana

4. Menjaga keseimbangan ekosistem

5. Menjaga kualitas udara dan air

6. Menjadi sumber pendapatan pariwisata

Sekarang kalian kembali ke tempat duduknya masing-masing ya. Kemudian catat informasi tentang hewan yang ada disekitar yang ibu tampilkan pada power point.




Anak-anak perhatikan sekarang ibu punya teks bacaan yang berjudul “Ayo Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia” tentukan ide pokok dari bacaan tersebut. Ide pokok itu adalah ide yang mendasari paragraf tersebut.






Sudah selesai menjawab anak-anak? Nah sekarang kita koreksi ide pokok dari setiap paragrafnya ya…

Wah sepertinya sudah mulai lesu, ibu mau cek semangatnya nih…

Tepuk 1! (prok)

Tepuk 2! (prok, prok)

Tepuk 3! (prok+hey!)

Tepuk 1, 2, 3!

Tepuk 1, 2, 3, 1! (prok, prok, prok, prok+hey, prok)

Wah, hebat ternyata masih semangat.

Sekarang ibu ingin mengetahui sejauh mana pemahaman kalian, silakan kerjakan soal di bawah ini ya anak-anak….

A.    Baca teks berikut dengan seksama!




Kegiatan Penutup

Bagaimana anak-anak? Sudah paham mengenai penyebab kelangkaan hewan dan tumbuhan serta cara pelestariannya? Jika ada yang ingin ditanyakan, boleh tulis pertanyaannya di kolom komentar ya…

Sekarang, kita simpulkan yuk apa saja yang kita dapat pada pembelajaran hari ini?

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab kelangkaan hewan dan tumbuhan serta manfaat pelestariannya, diharapkan kita dapat lebih menjaga dan menyayangi lingkungan terutama lingkungan di sekitar kita ya anak-anak…

            Bagaimana pembelajaran hari ini? Apabila kalian menyukai pembelajarannya, silakan kirim emoticon senyum “J” di kolom komentar. Apabila tidak suka, silakan kirim emoticon sedih “L” beserta alasan mengapa kalian tidak suka pembelajaran hari ini…

Sekian pembelajaran hari ini, anak-anak. Kalian semua hebat!

Tetap semangat belajar dan  menjaga kesehatan serta kebersihan ya…

Terima kasih kepada orang tua murid yang bersedia membimbing anak-anaknya untuk belajar dan terima kasih murid-murid semua. Sampai bertemu di pembelajaran berikutnya.

Wassalamu`alaikum wr. wb.


Komentar