Bahan Ajar dan Evaluasi Kelas 6 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3: Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
Kegiatan Awal
Assalamu`alaikum
wr. wb.
Selamat
pagi anak-anak. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian sehat dan semangat.
Sebelum
belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu.
Berdoa
dimulai (berdoa) berdoa selesai.
Sekarang
ibu/bapak cek kehadiran terlebih dahulu yah. (mengabsen)
Sudah
siap belajar hari ini, anak-anak?
Sebelum
memulai pembelajaran, kita “tepuk 1, 2, 3” dahulu yuk!
Ketika
ibu bilang “tepuk 1”, kalian tepuk tangan satu kali (memperagakan).
Ketika
ibu bilang “tepuk 2”, kalian tepuk tangan dua kali (memperagakan).
Ketika
ibu bilang “tepuk 3”, kalian tepuk tangan satu kali sembari berteriak “hey”
(memperagakan).
Ayo
sekarang, kita coba ya…
Tepuk
1! (prok)
Tepuk
2! (prok, prok)
Tepuk
3! (prok+hey!)
Tepuk
1, 2, 3! (prok, prok, prok, prok+hey)
Tepuk
3, 2, 1! (prok+hey, prok, prok, prok)
Tepuk
3, 3, 3! (prok+hey, prok+hey, prok+hey)
Tepuk
3, 1, 2, 3, 1, 1, 2, 3 (Tertawa bersama)
Bagaimana
anak-anak? Sudah bertambah semangatnya? Yuk kita mulai pembelajaran hari ini…
Hari
ini kita akan belajar Tema 1 “Selamatkan Makhluk Hidup” dengan subtema 3 “Ayo
selamatkan Hewan dan Tumbuhan”.
Tujuan
dari kita belajar tentang selamatkan hewan dan tumbuhan yaitu agar kita dapat
melestarikan hewan dan tumbuhan dari kepunahan dengan cara mengetahui
perkembang biakannya yang kemudian akan berguna bagi kita saat ini dan masa
depan.
Coba
lihat gambar yang ibu bawa
kira-kira
disekitar kita ada macan tidak ya?
Benar
tidak ada.
Kalau
hewan ini ada disekitar kita tidak ya?
Hmm…
Iya benar tidak ada.
Gambar
yang ibu tunjukkan adalah gambar-gambar hewan langka dan dilindungi.
Ada
yang bisa menyebutkan lagi selain yang ibu tunjukkan ada hewan apa lagi yang
langka?
Kegiatan Inti
Anak-anak, mengapa ya hewan dan tumbuhan bisa
mengalami kelangkaan? Pastinya ada banyak penyebab yang menyebabkan hal
tersebut terjadi. Apa saja sih penyebabnya itu?
Anak-anak
sekarang perhatikan ibu, ibu punya lembar kerja siswa yang akan dikerjakan
perkelompok. Kelompok 1 (…,…,…) dst.
Untuk
perwakilan kelompoknya, bisa ambil LKS ke depan.
Materi tentang penyebab kepunahan hewan dan tumbuhan:
1. Kerusakan
habitat
Kerusakan
habitat merupakan faktor penting penyebab kelangkaan yang dapat berujung pada
kepunahan. Spesies yang habitatnya rusak tidak memiliki tempa tuntuk mencari
makan, berkembang biak dan tinggal. Kerusakan habitat ini sering diakibatkan
oleh manusia. Misalnya, pembalakan liar hutan untuk perkebunan atau persawahan
akan menyebabkan hewan di hutan kehilangan tempat tinggalnya. Perubahan hutan
di Sumatera untuk perkebunan sawit menyebabkan terancam punahnya harimau
Sumatera dan batak Sumatera.
2. Perburuan
illegal
Perburuan liar (illegal) adalah aktivitas manusia
lain yang dapat menyebabkan hewan menjadi langka dan punah. Manusia memburu
binatang liar untuk diambil bulu, kulit, gading atau culanya, yang dijual
dengan harga mahal. Perburuan ini menyebabkan banyak hewan liar yang mati dan
terancam punah.
3. Penyakit
Adanya wabah penyakit juga dapat menyebabkan
langkanya suatu spesies, terutama bila spesies tersebut tidak memiliki
kekebalan terhada penyakit itu.
4. Adanya
spesies infasif
Adanya spesies infasif, yaitu spesies baru yang
dibawa ke suatu habitat, dapat menyebabkan berkurangnya populasi spesies asli.
Misalnya, banyak spesies burung di pulau-pulau kecil yang punah akibat masuknya
kucing dan tikus di pulau tersebut akibat aktivitas manusia.
5.
Perubahan iklim
Perubahan iklim, yang disebabkan oleh pemanasan
global menjadi tantangan lain bagi pelestarian flora dan fauna. Perubahan iklim
membuat suhu, curah hujan, dan cuaca menjadi tidak menentu. Ini menjadi ancaman
kepunahan bagi spesies yang tidak dapat beradaptasi.
6.
Bencana alam
Bencana alam, seperti gunung meletus, banjir, dan kebakaran
hutan dapat menyebabkan kepunahan, terutama pada spesies endemik yang hanya
hidup di suatu tempat saja. Contoh gambar:
(guru
berkeliling memantau kerja kelompok)
(setelah
waktu diskusi selesai) waktu diskusi sudah selesai. Setiap perwakilan
kelompoknya maju ke depan membacakan hasil diskusi.
(masing-masing
perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi) ada yang ingin berpendapat atau berkomentar mengenai hasil diskusi
kelompok 1? (dst)
Iya
benar, seperti yang sudah disampaikan kelompoknya masing-masing bahwa hewan dan
tumbuhan mengalami kepunahan karena hutan musnah sehingga mereka tidak memiliki
tempat tinggal lagi dan terjadilah kepunahan. Karena banyak pohon ditebang maka
kita akan mengalami banyak kerugian, kita kekurangan oksigen, bisa terjadi
banjir, tanah longsor, dll.
Bagaimana cara melestarikan tumbuhan dan hewan agar
tidak terancam punah? Kita bisa melakukan kegiatan pembudidayaan hewan/tumbuhan
yang langka dan menyebarkan pesan untuk tidak melakukan pemburuan liar. Apa
saja manfaat dari menjaga Hewan dan Tumbuhan bagi kehidupan:
1.
Menjaga sumber makanan dan kebutuhan pokok bagi manusia
2.
Menjaga kesuburan tanah
3.
Mencegah terjadinya bencana
4.
Menjaga keseimbangan ekosistem
5.
Menjaga kualitas udara dan air
6.
Menjadi sumber pendapatan pariwisata
Sekarang
kalian kembali ke tempat duduknya masing-masing ya. Kemudian catat informasi
tentang hewan yang ada disekitar yang ibu tampilkan pada power point.
Anak-anak
perhatikan sekarang ibu punya teks bacaan yang berjudul “Ayo Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia”
tentukan ide pokok dari bacaan tersebut. Ide pokok itu adalah ide yang
mendasari paragraf tersebut.
Sudah
selesai menjawab anak-anak? Nah sekarang kita koreksi ide pokok dari setiap
paragrafnya ya…
Wah
sepertinya sudah mulai lesu, ibu mau cek semangatnya nih…
Tepuk
1! (prok)
Tepuk
2! (prok, prok)
Tepuk
3! (prok+hey!)
Tepuk
1, 2, 3!
Tepuk
1, 2, 3, 1! (prok, prok, prok, prok+hey, prok)
Wah,
hebat ternyata masih semangat.
Sekarang
ibu ingin mengetahui sejauh mana pemahaman kalian, silakan kerjakan soal di
bawah ini ya anak-anak….
A.
Baca teks
berikut dengan seksama!
Kegiatan Penutup
Bagaimana anak-anak? Sudah paham mengenai penyebab
kelangkaan hewan dan tumbuhan serta cara pelestariannya? Jika ada yang ingin
ditanyakan, boleh tulis pertanyaannya di kolom komentar ya…
Sekarang, kita simpulkan yuk apa saja yang kita
dapat pada pembelajaran hari ini?
Setelah kita mengetahui apa saja penyebab kelangkaan
hewan dan tumbuhan serta manfaat pelestariannya, diharapkan kita dapat lebih
menjaga dan menyayangi lingkungan terutama lingkungan di sekitar kita ya
anak-anak…
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apabila kalian menyukai pembelajarannya, silakan kirim emoticon senyum “J” di kolom komentar. Apabila tidak suka, silakan kirim emoticon sedih “L” beserta alasan mengapa kalian tidak suka pembelajaran hari ini…
Sekian pembelajaran hari ini,
anak-anak. Kalian semua hebat!
Tetap semangat belajar dan menjaga kesehatan serta kebersihan ya…
Terima
kasih kepada orang tua murid yang bersedia membimbing anak-anaknya untuk
belajar dan terima kasih murid-murid semua. Sampai bertemu di pembelajaran
berikutnya.
Wassalamu`alaikum
wr. wb.
Komentar
Posting Komentar